Malang (Antara Jatim) - Berbagai olahan ayam sering kali menjadi menu pilihan pecinta kuliner di Tanah Air dan hampir setiap resto, warung di pinggir jalan, pedagang kaki lima hingga sajian hotel selalu menjadi sajian utama yang tak terlupakan.

Ayam goreng dengan berbagai variasi, rasa dan topping yang memanjakan lidah juga menjadi pilihan  favorit hampir setiap orang. Namun, dari sekian banyak pilihan olahan ayam dan rasa, ada satu resto ala rumahan di Kota Malang yang memiliki kekhasan  cita rasa maupun aroma yang tidak bisa dijumpai di resto atau warung manapun.

Setelah hampir 25 tahun berdiri dan memanjakan lidah penggemarnya, arung Ayam Tenes yang berlokasi di Jalan Tenes Kota Malang (depan Stadion Gajayana) itu akhirnya membuka cabang di Bintaro tiga bulan lalu. Jadi, di Indonesia hanya ada dua lokasi yang membuka kuliner Ayam Goreng Tenes, yakni di kota asalnya, Kota Malang dan Bintaro.

Ayam goreng Tenes bisa dinikmati semua kalangan, bahkan bagi lanjut usia pun bisa dengan mudah melahapnya, karena daging ayamnya sangat empuk dan bisa lepas dari tulangnya tanpa meninggalkan kegurihan rasa yang meresap dalam daging.

Rasa rempah-rempah tradisionalnya juga begitu kental.  Apalagi, jika ayam goreng tenes itu dinikmati ketika masih panas dengan nasi pulen yang juga masih panas serta sambal yang dicampur dengan kecap khas (berbeda dengan kecap yang dijual di pasaran dengan merek-merek tertentu). Selain bisa dinikmati dengan sambal khas Tenes, ayam goreng tenes akan lebihnikmat dan memanjakan lidah para pecinta kuliner tradisional dengan menu pendamping.
 
Sayur asam Jakarta, goreng usus dan hati/ampela ayam, tempe/tahu penyet sambal matah, tumis kangkung telur puyuh, kerupuk rambak/kedelai, serta tahu goreng krispi sambal petis, akan menambah nikmatnya suguhan ayam goreng tenes tersebut.

Rasa pedas sambal dan gurihnya ayam goreng yang memanjakan lidah itu, ditutup dengan sajian es blewah atau es degan yang menyegarkan. Jika pecinta kuliner ayam goreng, ayam goreng Tenes menjadi pilihan dan dijamin akan ketagihan.

Sajian lengkap ayam goreng Tenes dengan berbagai masakan dan minuman pendamping itu, penikmat kuliner tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Harga sepotong ayam goreng Rp12.900, tumis kangkung telur puyur Rp8.000/porsi, sayur asem Jakarta Rp6.000/porsi, sambal tahu/tempe penyet dan lalapan Rp7.000/porsi, nasi putih Rp5.000/porsi, es degan Rp6.000/gelas, es blewah Rp7.000/gelas.

Konsumen masih bisa memilih menu lain, seperti bandeng presto goreng, oseng-oseng taoge, lalapan rebus, sambal pencit dan petai, sop sehat an lainnya ddengan harga terjangkau dan tidak menguras kantong.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017