Sumenep (Antara Jatim) - Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Jawa Timur, Sufiyanto, meminta para pengelola objek wisata setempat menambah personel guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

"Kami memprediksi pada Minggu ini akan menjadi puncak kunjungan wisatawan ke objek wisata di Sumenep selama masa Lebaran 2017. Pengelola objek wisata harus menyiapkan segala sesuatunya atas potensi peningkatan kunjungan wisatawan," katanya melalui telepon, Minggu.

Ia menjelaskan, sejak beberapa hari lalu, pihaknya terus memantau kesiapan para pengelola objek wisata sekaligus meminta data harian jumlah pengunjungnya.

Sebagian objek wisata di Sumenep yang menjadi tujuan kunjungan wisatawan adalah pantai dan selanjutnya para wisatawan berpeluang bermain air di pantai.

"Kami minta pengelola pantai wisata menyiagakan petugas khusus untuk memandu dan mengawasi wisatawan yang bemain di air (pantai) guna menghindari hal-hal tak diinginkan," ujarnya, menerangkan.

Selain itu, pengelola diminta menata parkir kendaraan bermotor para wisatawan supaya tidak mengganggu arus lalu lintas ke maupun dari objek wisata.

Pengelola juga diingatkan untuk menambah jumlah personel di bagian tiket supaya tidak ada antrean wisatawan di pintu masuk objek wisata.

"Pada prinsipnya, kami sudah mengingatkan para pengelola objek wisata untuk melakukan antisipasi dini atas potensi terjadinya hal-hal tak diinginkan pada waktu puncak kunjungan wisatawan," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menegaskan.

Ia juga mengemukakan, sesuai laporan yang diterima dari pengelola, jumlah kunjungan wisatawan meningkat selama masa Lebaran dibanding rata-rata kunjungan harian di luar masa Lebaran.

Jumlah rata-rata wisatawan ke Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang selama masa Lebaran sekitar 2.000 orang, Pantai Sembilan di Pulau Giligenting juga sekitar 2.000 orang, dan Pantai Slopeng di Dasuk sekitar 900 orang. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017