Jember (Antara Jatim) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur melayani sebanyak 3.000 pemudik untuk angkutan arus balik Lebaran 2017 secara gratis pada 27-29 Juni 2017. 

"Angkutan KA gratis tersebut terdiri dari KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya Gubeng dan KA Tawangalun relasi Banyuwangi-Malang untuk perjalanan pada 27-29 Juni 2017," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Jember, Rabu.

Menurutnya pihak KAI Daop 9 menyiapkan sebanyak 3.000 tempat duduk untuk angkutan KA gratis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pada arus balik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah dengan tujuan akhir Surabaya dan Banyuwangi.

"Sebanyak 3.000 tempat duduk kereta angkutan Lebaran gratis itu terdiri dari 1.500 tempat duduk di KA Probowangi dan 1.500 tempat duduk di KA Tawangalun," tuturnya.

Ia menjelaskan seluruh tiket KA Lebaran gratis tersebut sudah habis jauh-jauh hari setelah pendaftarannya dibuka beberapa waktu lalu, namun hal tersebut wajar karena pada hari libur okupansi kedua kereta tersebut juga cukup tinggi.

"Pemesanan tiket mudik dan balik gratis 2017 bisa dilakukan H-30 sebelum keberangkatan untuk KA Probowangi dan H-60 sebelum keberangkatan untuk KA Tawangalun," katanya.

Program angkutan kereta untuk mudik dan balik gratis itu merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PT KAI untuk membantu masyarakat dalam merayakan Lebaran 2017.

Luqman mengatakan tiket kereta arus balik yang terjual habis yakni sejumlah kereta kelas ekonomi jarak jauh antara lain KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember, KA Sritanjung jurusan Lempuyangan Yogyakarta-Banyuwangi, KA Tawangalun jurusan Malang-Banyuwangi, sedangkan untuk kelas bisnis dan eksekutif yakni KA Mutiara Timur jurusan Surabaya-Banyuwangi dan KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon masih tersedia.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017