Sumenep (Antara Jatim) - Aula dan lapangan olahraga di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II-B Sumenep, Jawa Timur, menjadi tempat kunjungan bagi kerabat warga binaan setempat selama masa Lebaran 2017.

"Kami siapkan waktu dan tempat khusus untuk memberikan kesempatan kepada kerabat yang ingin bersilaturrahim atau halal bi halal kepada warga binaan. Namun, untuk pemeriksaan barang bawaan dan orang tetap sebagaimana mestinya," ujar Kepala Rutan Sumenep, Ketut Akbar di Sumenep, Selasa.

Sebelumnya, kerabat yang ingin mengunjungi warga binaan ditempatkan di ruang kunjungan dan waktunya berbatas secara reguler atau dibagi beberapa jam dalam sehari. 

Sementara pada masa Lebaran, pimpinan Rutan Sumenep menjadikan aula dan lapangan olahraga sebagai tempat kunjungan untuk bisa menampung para kerabat yang mengunjungi para warga binaan.

Selama masa Lebaran, jumlah kerabat yang ingin berkunjung kepada warga binaan Rutan Sumenep memang membeludak.

"Kami menyadari kondisi tersebut, karena memang masa Lebaran. Siapa pun orangnya pasti ingin bertemu dengan saudaranya, termasuk yang saat ini masih berada di Rutan Sumenep," kata Akbar, menerangkan.

Ruang kunjungan di Rutan Sumenep tidak terlalu luas dan tak akan bisa menampung warga dalam jumlah ratusan orang.

Akbar menjelaskan, pihaknya mendirikan empat tenda dalam ukuran agak besar di lapangan olahraga Rutan Sumenep supaya para kerabat yang mengunjungi warga binaan tidak kepanasan.

Waktu kunjungan selama masa Lebaran pun tidak dibagi secara reguler, akan tetapi langsung sejak pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB. 

"Kebijakan khusus tersebut akan berlangsung selama tujuh hari, yakni 25 Juni hingga 1 Juli 2017. Setelah itu, tempat dan waktu kunjungan kembali seperti biasa," katanya.

Sesuai data di Rutan Sumenep, jumlah warga binaan per 25 Juni 2017 sebanyak 220 orang.

Pada Minggu (25/6) atau hari pertama Lebaran 2017, terdapat 128 warga binaan Rutan Sumenep yang dikunjungi kerabatnya dengan jumlah pengunjung secara keseluruhan sebanyak 419 orang.

Sementara pada Senin (26/6) atau hari kedua Lebaran, terdapat 102 warga binaan yang dikunjungi kerabatnya dengan jumlah pengunjung secara keseluruhan sebanyak 394 orang. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017