Bojonegoro, (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, Jawa Timur memperkirakan "rest area" di Kantor Uji Kir Dishub akan dipenuhi warga arus balik dari berbagai kota di Jawa Timur ke arah Ngawi, mulai Selasa (27/6).

"Arus balik dari berbagai kota di Jawa Timur, baik kendaraan roda emapt mapun roda dua akan banyak yang beristirahat di 'rest area' disini mulai Selasa (27/6)," kata Kepala Dishub Bojonegoro Iskandar, di lokasi "rest area" di Bojonegoro, Senin.

Perhitungannya, menurut dia, arus mudik dari Jakarta dan kota besar lainnya termasuk dari Jawa Tengah ke arah Jawa Timur, yang melalui tol baru ternyata mengalami kemacetan di tol Jombang dan Mojokerto.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemudik yang melalui jalan tol itu, akan beralih melewati jalur jalan raya di wilayahnya yang masuk jalur alternatif III.

"Arus balik akan beristirahat di sini, sebab di sepanjang jalur jalan raya Gresik, Lamongan hanya ada pos pantau tidak ada rest area yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat," katanya, menegaskan.

Ia memperkirakan arus balik dari berbagai daerah di Jawa Timur, akan memanfaatkan rest area setempat sejak Selasa (27/6) sampai Sabtu (1/7).

"Kalau sekarang masih ada sisa arus mudik yang memanfaatkan rest area, tetapi jumlahnya tidak banyak," ucapnya, menambahkan.

Ia menyebutkan rest area di Kantor Uji Kir Dishub memiliki lokasi parkir luas, tempat istirahat, shalat, mandi, juga disediakan pijat, sekaligus mi instan gratis.

Sesuai data di dishub menyebutkan jumlah pemudik yang memanfaatkan rest area tertinggi pada 24 Juni dengan jumlah pemudik 183 orang dengan memanfaatkan 30 kendaraan roda empat, dan 17 kendaraan roda dua.

Sehari sebelumnya, jumlah pemudik yang memanfaatkan rest area sebanyak 58 orang dengan memanfaatkan enam kendaraan roda empat dan 14 kendaraan roda dua.

Menjawab pertanyaan, ia menjelaskan selama arus balik di sepanjang jalur jalan raya di Bojonegoro mulai Ngawi-Padangan-Bojongoro sampai Baureno, tidak ada kejadiaan kecelakaan lalu lintas yang menonjol.

Tetapi, lanjut dia, di lokasi parkir Pasar Sumberrejo, Kecamatan Sumberrejo, sempat terjadi kebakaran sebuah sepeda motor dan sebuah kendaraan roda empat yang remnya mengalami kerusakan, tetapi langsung diperbaiki petugas di rest area.

"Petugas di rest area membawa kendaraan roda empat yang remnya rusak ke rest area dengan mobil derek. Setelah diperbaiki kendaran roda empat itu bisa melanjutkan perjalanan," kata dia.(*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017