Bangkalan (Antara Jatim) - Kendaraan berpelat nomor luar Madura, terpantau mendominasi jalur mudik di Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu, dan hingga malam hari masih berlangsung.

Kendaraan yang terpantau banyak melintas di jalur mudik Bangkalan menuju Kabupetan Sampang, antara lain pelat nomor Surabaya (L), Jakarta (B), Malang (N), (P) Besuki dan (W) Sidoarjo.

"Sekarang ini merupakan puncak arus mudik, sehingga wajar apabila banyak kendaraan luar Madura melintas di jalur mudik Bangkalan ini," kata Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha, Sabtu malam.

Ia menuturkan, lonjakan arus mudik di jalur mudik Bangkalan sudah terjadi sejak sekitar pukul 06.00 WIB, bahkan pada siang hari arus lalu lintas dari Kabupaten Bangkalan menuju Kabupaten Sampang, yakni di sekitar Pasar Tanah Merah sempat macet selama sekitar 30 menit.

Kapolres bersama Kasat AKP Inggit Prassetyanto bahkan sempat turun langsung, membantu anggota mengurai kemacetan di sekitar pasar tumpah di Jalan Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan itu.

Sementara, berdasarkan data Petugas Jasa Marga di Gerbang Suramadu menyebutkan, arus lalu lintas dari Surabaya menuju Pulau Madura yang melintas di jembatan penghubungan antara Pulau Jawa dan Pulau Madura itu memang meningkat.

Untuk kendaraan roda dua, terdata sebanyak 110.000 sepeda motor yang melintas di jembatan itu dengan perincian pada H-2 Lebaran tercatat sebanyak 48.000 kendaraan dan pada H-1 Lebaran ini tercatat sebanyak 53.000 unit kendaraan.

Demikian juga dengan kendaraan roda empat, yakni tercatat sebanyak 16.500 unit pada H-2 Lebaran dan pada H-1 hingga sore tercatat sebanyak 11.637 unit, meningkat sekitar 122 persen dibandingkan hari normal. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017