Malang, (Antara Jatim) - Harga sejumlah komoditas pangan psejak beberapa hari menjelang Lebaran di beberapa pasar tradisional di Kota Malang rata-rata mengalami kenaikan, terutama daging ayam potong dan sapi.

Pantauan Antara di Pasar Terpadu Dinoyo Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu, menyebutkan harga daging ayam potong rata-rata Rp34 ribu sampai Rp35 ribu per kilogram dari sebelumnya seharga Rp27 ribu sampai Rp28 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging sapi rata-rata Rp120 per kilogram dari sebelumnya seharga Rp108 ribu-Rp110 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga ayam dan sapi ini mulai pertengahan puasa dan hari ini (H-1) masih stabil di angka Rp34 ribu-Rp35 ribu. Dan, mungkin bisa naik lagi saat musim Lebaran Ketupat nanti (biasanya mulai H+2 Lebaran)," kata Indriana, salah seorang penjual daging ayam di Pasar Terpadu Dinoyo.

Jika harga daging ayam dan sapi mengalami kenaikan, harga bumbu-bumbuan justru menurun, seperti harga bawang putih yang sebelumnya sempat mencapai angka tertinggi Rp70 ribu per kilogram, saat ini turun menjadi Rp30 ribu-Rp35 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah daris ebelumnya seharga Rp27 ribu per kilogram, turun menjadi Rp22 ribu-Rp25 ribu per kilogram.

Sementara cabai rawit masih fluktuatif dan saat ini seharga Rp30ribu-Rp40 ribu per kilogram. "Kalau bawang merah harganya menyesuaikan dengan jenisnya karena ada banyak variasi, seperti bawang merah Kota Batu seharga Rp25 ribu/kilogram, dari Probolinggo seharga Rp30 ribu per kilogram," katanya.

Ia mengatakan kalau harga bumbu-bumbuan saat ini amsih reatif stabil, tetapi pada musim Lebaran Ketupat rata-rata kenaikannya cukup tinggi,  seperti kelapa yang pada hari normal seharga Rp10 ribu sampai Rp12 ribu per butir, pada Lebaran Ketupat bisa mencapai Rp15 ibu hingga Rp20 ribu.

"Biasanya sayur mayur juga mengikuti kenaikan harga, seperti labu siam, buncis, dan kentang. Kalau pas Lebaran Ketupat, harga sayur mayur cenderung naik karena permintaan pasar cukup tinggi tanpa diimbangi pasokan dari petani," katanya.

Jika harga daging di pasar tradisional mencapai Rp120 ribu hingga Rp130 ribu, di pasar modern justru jauh lebih murah karena ada promo. Harga daging sapi (untuk rendang) di asar modern dijual Rp87.900, bahkan kadang-kadang hanya Rp79.900 per kilogram.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017