Sidoarjo (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyiagakan sebuah ambulans di Terminal Purabaya Surabaya, Jawa Timur,  yang bisa digunakan untuk melayani pasien gawat darurat pada masa mudik Lebaran 2017.

"Selain ambulans, selama mudik Lebaran ini pihaknya juga menyiagakan tenaga medis seperti dokter dan perawat yang akan berjaga selama 24 jam untuk membantu para penumpang yang membutuhkan bantuan selama berasa di lingkungan Terminal Purabaya ini," ujar Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Timur, Handaryo, Rabu, di sela kegiatan pembukaan pos komando lebaran di Terminal Purabaya Surabaya.

Ia mengemukakan, pelayanan posko ini merupakan wujud pengabdian dan kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang sedang melakukan tradisi mudik lebaran yang kebetulan sedang menggunakan sarana angkutan di Terminal Purabaya Surabaya.

"Berkaca dari antusiasme pemudik terhadap kehadiran posko mudik tahun-tahun sebelumnya, kami selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat di titik padat pemudik tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, pada posko mudik Lebaran ini pihaknya juga menyediakan layanan lainnya seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi atau istirahat, pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, tindakan medis sederhana serta pemberian rujukan bila diperlukan.

"Posko ini akan beroperasi selama 24 jam, dan di dalamnya terdapat dua tim yang bertugas secara bergantian. Selain itu, di posko tersebut juga bisa melayani informasi seputar BPJS Kesehatan dan juga pendaftaran peserta baru," ujarnya.

Ia menjelaskan, posko yang didirikan ini tidak hanya terfokus untuk melayani peserta BPJS Kesehatan saja, melainkan bisa melayani seluruh warga yang membutuhkan layanan kesehatan.

"Secara nasional, bantuan posko mudik Lebaran ini juga didirikan di delapan titik padat mudik seperti Terminal Pulo Gebang, Stasiun Bandung, Stasiun Jogjakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta. Posko ini akan beroperasi selama 24 jam yang dimulai sejak tanggal 21sampai dengan 24 Juni 2017," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Terminal Purabaya Surabaya, Hardjo mengaku sangat berterima kasih dengan adanya posko ini karena bisa membantu para pemudik yang ingin mendapatkan layanan kesehatan.

"Kami akan terus mendukung sinergi seperti ini supaya pada tahun-tahun yang akan datang bisa terus ditingkatkan dan banyak masyarakat yang bisa menggunakan fasilitas ini," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017