Surabaya (Antara Jatim) - Jajaran Komisi III DPR RI mengapresiasi kesiapan Polda Jawa Timur dalam rangka pengamanan (PAM) mudik Lebaran 2017 di seluruh wilayah itu saat kunjungan kerja (kunker) mereka di Mapolda Jatim Surabaya, Selasa.

Dalam kunjungan tersebut,  sejumlah anggota Komisi III DPR RI mendapat pemaparan seputar PAM lalu lintas Mudik Lebaran 2017 oleh Pejabat Utama Polda Jatim.

"Kedatangan anggota Komisi III dari daerah pilihan (dapil) jatim ini karena ingin melihat kesiapan dari Polda Jatim terkait pengamanan mudik Lebaran 2017," kata anggota Komisi III DPR RI Adies Kadir.

Adies mengatakan dari pemaparan yang disampaikan tadi, pihaknya mengapresiasi kesiapan dari Polda Jatim karena Polda Jatim sudah mengantisipasi gangguan-gangguan selama mudik Lebaran.

"Kesiapan pengaman mudik Lebaran 2017 di Polda Jatim sudah sangat baik. Termasuk "maping" daerah-daerah di Jatim yang rawan kecelakaan serta pengerahan pasukan selama pengamanan mudik Lebaran," ujar politisi Golkar tersebut.

Untuk daerah rawan kecelakaan dan kemacetan, penggunaan kamera drone oleh Polda Jatim diakui Adies sangat membantu. Belum lagi penempatan CCTV dan petugas-petugas di jalur mudik Lebaran, sangat efektif dan bagus untuk protap pengamanan yang dilakukan kawan Polri.
 
Adies menambahkan, dirinya bersama rekan di Komisi III akan meninjau Polres polres jajaran Polda Jatim. Hingga dilanjutkan meninjai jalur Pantura, seperti Lamongan, Tuban perbatasan Jawa Tengah sampai ke Bojonegoro.

"Selanjutnya kita akan geser ke jalur Pantura, terutama di Lamongan yang akan kita lihat secara langsung. Begitu juga dengan pemantauan kesiapan Polres jajaran Polda Jatim dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2017 ini," kata Adies.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menambahkan, Komisi III DPR RI mengapresiasi langkah pengamanan mudik Lebaran 2017 yang dilakukan Polda Jatim.

Hal tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyatakat Indonesia. Terutama Komisi ini dari Dapil Jatim untuk melihat kesiapan Polri dalam Operasi Ramadniya 2017.

"Apresiasi yang diberikan luar biasa. Mereka menilai kesiapan Polri, dalam hal ini Polda Jatim sudah sangat baik. Ditunjang dari segi peralatan, personel dan kesiapan pengamanan dalam rangka Operasi Ramadniya 2017," tuturnya.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017