Sumenep (Antara Jatim) - Evakuasi  lanjutan terhadap ratusan penumpang kapal mudik gratis dari Jangkar, Situbondo, ke Pulau Raas, Sumenep, yang kandas di Perairan Pulau Kalosot, Raas, akan dilanjutkan pada Minggu (18/6) dini hari.

"Evakuasi lanjutan direncanakan pada Minggu (18/6) sekitar pukul 03.00 WIB. Ketika itu, air laut sudah diperkirakan pasang dan perahu bisa merapat ke kapal untuk evakuasi penumpang," ujar Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Suwardi di Sumenep, Jawa Timur, Sabtu malam.

Kapal Express Bahari C-9 yang merupakan armada mudik gratis dari Jangkar ke Raas itu bertolak dari Pelabuhan Jangkar pada Sabtu sekitar pukul 15.00 WIB.

Kapal yang mengangkut 360 penumpang itu kandas di Perairan Pulau Kalosot, Desa Brakas, diduga akibat tersangkut karang pada posisi sekitar 1 mil dari Pelabuhan Raas pada Sabtu sekitar pukul 17.00 WIB.

Hingga Sabtu malam, penumpang kapal yang bisa dievakuasi sekitar 100 orang dan ratusan lainnya belum bisa dievakuasi, akibat air laut surut dan selanjutnya perahu tidak bisa merapat ke kapal.

"Pimpinan Kantor Kecamatan Raas juga akan mengirimkan konsumsi bagi ratusan penumpang yang belum bisa dievakuasi itu untuk makanan sahur. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut," kata Suwardi, menerangkan.

Ia juga mengemukakan, kapal itu mengalami kandas ketika dalam proses melayani mudik gratis untuk jadwal pemberangkatan tahap II.

Pada Sabtu ini, kapal tersebut melayani dua kali mudik gratis dari Jangkar ke Raas, yakni bertolak dari Pelabuhan Jangkar pada pukul 09.00 WIB (tahap I) dan pukul 15.00 WIB (tahap II).

Program kapal mudik gratis dengan rute Jangkar-Raas itu merupakan salah satu kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa angkutan Lebaran 2017. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017