Malang, (Antara Jatim) - Perseroan Terbatas Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Wilayah Malang meluncurkan program baru untuk transaksi nontunai sebagai sistem pembayaran berbasis server bernama "UnikQu".

CEO BNI Wilayah Malang, Jawa Timur, Yessi Kurnia, Jumat, mengatakan bahwa UnikQu merupakan aplikasi baru yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi nontunai.

"Peluncuran UnikQu ini sesuai dengan arahan pemerintah yang menggiatkan bertransaksi nontunai," kata Yessy di sela peluncuran UnikQu di Malang, Jawa Timur.

Aplikasi UnikQu, lanjut dia, merupakan sebuah aplikasi berbasis server yang dapat didownload melalui Appstore maupun Phonestore.

Adapun keunggulan dan fungsi dari aplikasi tersebut dapat memudahkan nasabah dalam bertransaksi di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan menggunakan gawai (gadget) masing-masing tanpa harus membawa uang tunai namun menggunakan scan QR code.

Selain itu, UnikQu juga dapat digunakan oleh nasabah dan nonnasabah BNI. Sementara itu, top up saldo dapat melalui e-Channel (ATM, SMS, Mobile, Internet Banking, dan Agen46).

"Saat ini agen 46 di wilayah Malang raya sekitar 500 dan untuk wilayah (kanwil) sekitar 7.800 agen," ujarnya.

Menyinggung merchant yang sudah memfasilitasi program UnikQu tersebut, Yessy mengatakan bahwa Malang raya yang sudah menerapkan baru 25 merchant dan yang dalam proses sekitar 100 merchant, sedangkan untuk tingkat nasional mencapai 3.000 merchant.

"Target pertumbuhan merchant yang menyediakan barcode untuk transaksi melalui UnikQu setiap bulan rata-rata 100," ucapnya.

Mengenai nasabah yang disasar aplikasi UnikQu tersebut, Yessy mengatakan bahwa anak-anak muda (tanpa batasan usia) yang akrab dengan gawai.

"Kami juga akan ekspansi ke sejumlah daerah, seperti Banyuwangi dan Pacitan. Namun, kendalanya apakah masyarakatnya seperti yang ada di Malang, ini yang perlu kami pertimbangkan," katanya.

Aplikasi UnikQu berbasis server tersebut, lanjut Yessy, bukan untuk transaksi nontunai dalam jumlah besar karena saldo maksimal hanya Rp1 juta.

"Seperti halnya e-money, saldo UnikQu yang dalam bertransaksi menggunakan scan barcode ini juga tidak besar," ujar Yessy.

Beberapa merchant di wilayah Malang yang sudah menyediakan scan barcode untuk UnikQu BNI itu, di antaranya adalah Resto Taman Indie, Rumah Makan Ocean Garden, Terminal Mie, Kafe Bara-bara, dan Optik Tunggal.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017