Pamekasan (Antara Jatim) - Ketua DPRD Kabupaten Pamekasan Halili mengajak semua elemen masyarakat "membumikan" nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dan landasan ideologi bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila sudah final sebagai dasar negara dan landasan ideologi bangsa, akan tetapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya cenderung diabaikan," katanya saat menggelar acara "Silaturrahmi dan Serap Aspirasi" di Desa`Plakpal, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, Sabtu.

Dalam acara yang mengundang sekitar 200 orang dari kalangan tokoh masyarakat, ulama, dan pemuda itu, serta santri dari sejumlah pondok pesantren itu, Halili menyampaikan ajakan karena dianggap penting diketahui masyarakat.

Ia mengemukakan, akhir-akhir ini, nilai-nilai Pancasila cenderung kurang diperhatikan oleh masyarakat bahkan sebagian sudah terlupakan.

Padahal sebagai dasar negara dan landasan ideologis bangsa, seharusnya ajaran Pancasila tertanam di hati semua masyarakat.

Selain tentang pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila, dalam kegiatan itu, Halili juga menjelaskan tentang cara mengampaikan aspirasi yang benar, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Hal lai yang juga disampaikan adalah tugas-tugas lembaga DPRD sebagai kontrol atas eksekutif, penganggaran dan memperjuangkan hak-hak politik masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama, shalat berjamaan dan tarawih bersama dengan masyarakat di desa itu. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017