Sumenep (Antara Jatim) - Kapal Dharma Kartika milik PT Dharma Lautan Utama mulai beroperasi untuk melayani lintasan Kalianget-Sapudi-Raas (Sumenep)-Jangkar (Situbondo), Jawa Timur.

"Kapal Dharma Kartika sudah selesai menjalani perawatan tahunan di salah satu perusahaan galangan kapal di Bangkalan dan tiba di Kalianget pada Senin (5/6). Kami langsung mengoperasikannya pada Selasa (6/6)," ujar Kepala PT Dharma Dwipa Utama Cabang Kalianget, Moh Darmawan di Sumenep, Rabu.

PT Dharma Dwipa Utama merupakan anak perusahaan PT Dharma Lautan Utama dan menjadi operator di lintasan Kalianget-Jangkar, Kalianget-Sapudi-Jangkar, dan Kalianget-Raas-Jangkar.

PT Dharma Dwipa Utama Cabang Kalianget mengoperasikan dua kapal, yakni Kapal Satya Kencana di lintasan Kalianget-Jangkar dan Kapal Dharma Kartika di Kalianget-Sapudi-Jangkar dan Kalianget-Raas-Jangkar.

Sebelumnya, Kapal Dharma Kartika masuk dok atau menjalani perawatan tahunan lebih awal supaya bisa beroperasi pada masa angkutan Lebaran 2017.

Selama Kapal Dharma Kartika masuk dok, Kapal Satya Kencana untuk sementara juga beroperasi melayani lintasan Kalianget-Sapudi-Jangkar dan Kalianget-Raas-Jangkar.

Kapal Dharma Kartika yang biasanya melayani lintasan Kalianget-Sapudi-Jangkar dan Kalianget-Raas-Jangkar, itu mulai menjalani masa perawatan tahunan sejak 10 Mei 2017.

"Pada Selasa (6/6), Kapal Dharma Kartika langsung melayani lintasan Kalianget-Raas-Jangkar. Sementara Kapal Satya Kencana kembali ke jalur normal, yakni beroperasi di lintasan Kalianget-Jangkar," kata Darmawan, menerangkan.

Ia menjelaskan, jumlah rata-rata penumpang di lintasan yang dilayani dua kapal milik PT Dharma Lautan Utama tersebut pada kisaran 60-80 orang pada selama masa Ramadhan.

"Untuk sementara situasinya cenderung sepi atau di bawah kondisi normal dibanding hari-hari biasa. Pada hari-hari biasa, jumlah rata-rata penumpang kapal kami pada kisaran 70-85 orang," ujarnya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017