Bondowoso (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur terus mendorong pengembangan sektor pertanian mulai dari hulu hingga hilir guna dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya petani kopi dan beras organik.

"Masyarakat di Bondowoso mayoritas petani atau menggantungkan hidupnya di bidang pertanian. Sehingga pemerintah daerah akan terus memprioritaskan pada sektor pertanian," ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Muhammad Erfan di Bondowoso, Kamis.

Ia mengemukakan bahwa di Kota Tapai, itu tercatat sekitar 6o persen masyarakatnya terdiri dari petani dan karena itu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal pemerintah kabupaten setempat terus memperkuat pembangunan sektor pertanian.

Dalam membangun di bidang pertanian, katanya, kedepan pemerintah daerah tidak hanya akan mengembangkan pada sektor hulu saja. Tetapi pada sektor hilir juga sangat penting untuk peningkatan pendapatan petani.

"Dengan menggarap mulai dari hulu hingga hilir, nantinya kegiatan pertanian mulai dari proses tanam sampai tingkat pemasaran juga bisa dinikmati oleh masyarakat Bondowoso, khususnya bagi petani," ucapnya.

Menurut Erfan, produk unggulan di Bondowoso yang mulai digarap dari hulu sampai dnegan hilir, di antaranya kopi dan beras organik. Dan dua produk tersebut pemasarannya sudah ditingkat nasional dan menjadi produk kebanggaan pemerintah kabupaten.

"Untuk pertanian kopi, selain terus memperluas areal tanam juga memroses kopi sampai kepada penjualan dan bahkan kami juga mendorong masyarakat untuk membuka atau mendirikan kedai-kedai kopi," paparnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017