Madiun (Antara Jatim)  - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur Sufyanto menyatakan lembaganya akan segera menggelar seleksi rekrutmen komisioner panitia pengawas pemilih (panwaslih) di tingkat kota/kabupaten guna menghadapi Pilkada Serentak tahun 2018. 
     
"Tahapan pembentukkan panwaslih tingkat kota/kabupaten di daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak akan dilaksanakan pada Juni mendatang," ujar Sufyanto di Kabupaten Madiun kepada wartawan, Senin.
     
Untuk itu, terkait dengan rencana pembentukkan komisioner panwaslih dalam waktu dekat tersebut, pihaknya telah meminta kepada pemerintah daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018 segera menyelesaikan kewajibannya guna membiayai dan memfasilitasi pembentukkan panwaslih dimaksud.
     
Pemerintah daerah tingkat kota atau kabupaten juga diwajibkan memberi fasilitas personel pegawai negeri sipil (PNS) di kantor kesekretariatannya nanti.
     
"Hal itu karena pegawai PNS-lah yang memiliki kewenangan untuk mengelola anggaran dari APBD yang dihibahkan pemda ke panwaslih nantinya," kata dia. 
     
Sementara, Bupati Madiun Muhtarom menyatakan saat ini pihaknya sedang ancang-ancang untuk mempersiapkan kewajibannya dalam membiayai dan memfasilitasi keperluan pembentukkan pawaslih.
     
"Bawaslu Jatim telah meminta Pemkab Madiun untuk menyiapkan kantor, mebel, dan kendaraan operasional yang akan digunakan oleh Panwaslih Kabupaten Madiun nanti," kata Bupati Muhtarom. 
     
Sesuai rencana, sekretariat atau kantor Panwaslih Kabupaten Madiun nantinya akan memanfaatkan bekas kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun yang berada di Desa Sangen, Kecamatan Geger.
     
Seperti diketahui, Kabupaten Madiun merupakan satu dari 18 kota/kabupaten di Jawa Timur yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun 2018.
     
Adapun tahapan Pilkada Kabupaten Madiun 2018 sesuai rencana akan dimulai pada Bulan Agustus mendatang. Saat ini, KPU selaku penyelenggara pilkada, pemda, dan bahkan Bawaslu sedang melakukan persiapan agar Pilkada Kabupaten Madiun 2018 berjalan lancar. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017