Jember (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur mendukung pemerintah untuk mewujudkan swasembada daging sapi dengan menggelar pertemuan antara pengusaha dan peternak se-Kabupaten Jember, Kamis.

"Kegiatan itu untuk memberdayakan para peternak sapi dan kambing di Jember dengan pembekalan ilmu dan teknologi yang benar untuk meningkatkan produksi ternaknya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember Andi Prastowo di sela-sela kegiatan tersebut di Jember.

Menurut dia, pihaknya sudah menyusun strategi dalam implementasi swasembada pangan di Kabupaten Jember untuk mendukung swasembada daging nasional dan meningkatkan teknik budi daya peternak yang langsung dari para ahlinya.

"Kami menghadirkan narasumber yang kompeten, baik dari praktisi, akademisi, dan pengusaha yang selama ini terjalin kemitraan, dan pengusaha ekportir asing pakan ternak yang ada di Jember, serta konsultan ahli," tuturnya.

Ia berharap para peternak yang hadir bisa memiliki jaringan pemasaran yang luas, kemudian ilmu dan teknik beternak yang benar karena selama ini dirasakan masih sangat kurang dan masih sangat tradisional. 

"Bagaimana mengolah pakan ternak, rumput, dan menjaga kestabilan metabolisme ternak agar tidak rentan penyakit perlu diketahui para peternak untuk meningkatkan produksinya," katanya.

Salah satu peternak asal Kecamatan Bangsalsari Hariyanto menyambut baik kegiatan tersebut karena banyak ilmu yang bisa didapat untuk diimplementasikan dan memperluas jaringan dengan mengenal sejumlah pengusaha ternak di Jatim.

"Banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam kegiatan ini, sehingga diharapkan kegiatan seperti itu dapat dilakukan secara berkesinambungan oleh Pemkab Jember melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan di Jember," ujarnya.

Sementara perwakilan PT Osmosa Alam Semesta Sugiyatno memaparkan teknik meningkatkan produktivitas peternak di Jember dengan mengandalkan sistem "integrited farming" karena model tersebut sudah terbukti dan berhasil dijalankan di Kabupaten Jember.

"Kami sangat mendukung program swasembada daging di tingkat nasional dengan menciptakan nutrisi khusus untuk ternak melalui teknologi enzimatis dan probiotik," ucapnya.

Data Pemkab Jember mencatat populasi sapi potong tahun 2016 terdapat 250.112 ekor, sapi perah 1.451 ekor, kerbau 288 ekor, kambing 51.264 ekor, domba 75.060 ekor, dan ayam pedaging mencapai 11.932.763 ekor.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017