Malang, (Antara Jatim) - Parade UMKM BRI yang akan digelar di Kota Malang, Jawa Timur pada 19-21 Mei 2017 menargetkan nilai transaksi sebesar Rp105 miliar, atau naik sebesar 20 persen dari parade serupa yang digelar di Semarang, dengan nilai transaksi sebesar Rp88 miliar.

"Setelah kami sukses menggelar parade UMKM BRI di Semarang, kami akan menggelar event serupa di Malang, dan menargetkan adanya kenaikan nilai transaksi 20 persen dari event di Semarang," kata Senior Executive Vice Presiden UKM dan Konsumer BRI, Supari di Malang, Kamis.

Supari mengatakan, naiknya target itu karena potensi Kota Malang lebih besar dibanding Semarang, dan merupakan kota dengan jumlah UMKM yang cukup banyak.

"Sebelum acara dimulai saja saat ini sudah terjadi transaksi sebesar Rp40 miliar. Oleh karena itu kami optimistis parade UMKM BRI di Malang ini akan lebih meriah, sebab nantinya juga akan diramaikan 500 lebih para pedagang kaki lima yang turut dalam parade itu," tuturnya.

Ia mengatakan parade UMKM BRI di Malang kali ini mengusung tema "UMKM Kreatif Berbasis Digital" dan akan dipusatkan di Lapangan Parkir Stadion Gajayana dengan total partisipasi sebanyak 122 UMKM.

Pagelaran di Malang, kata Supari, merupakan kota kedua dari rangkaian 17 kota Parade UMKM BRI yang akan digelar hingga akhir 2017, dengan membagi beberapa jenis UMKM, seperti fashion, foodcourt, industri kreatif, makanan olahan dan kain khas daerah.

"Pada Parade UMKM BRI di Semarang, animo masyarakat untuk datang sangatlah tinggi. Selama tiga hari penyelenggaraan kurang lebih 7.000 orang hadir di acara tersebut. Dan untuk di Malang kami menargetkan pengunjung naik 20 persen," katanya.

Sementara itu, tujuan pagelaran parade UMKM BRI adalah untuk memperkuat citra Bank BRI sebagai bank yang fokus dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia, sebab sampai kini BRI telah memberikan akses inklusi keuangan dan pembiayaan bagi UMKM.

Selain itu, kata dia, BRI juga telah memberikan sentuhan teknologi digital serta pelatihan dan pengembangan bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

"Dukungan yang diberikan Bank BRI ini bertujuan membuat pelaku UMKM naik kelas, dan harapannya UMKM binaan BRI mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja dan menggerakkan perekonomian nasional," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017