Yunnan, Tiongkok (Antara Jatim) - Warga lanjut usia atau lansia yang telah mencapai usia 90 tahun di wilayah Kelurahan Dayingjie, Kota Yuxi, Yunnan, Tiongkok, setiap tahun menerima dana pensiun masing-masing sebesar 50 ribu yuan dari pemeri tah setempat.
       
Menurut Vice Village Head of Dayin Yan Wei di Yuxi, Yunnan, Rabu mengemukakan saat ini sudah ada 21 warga yang telah berusia 90 tahun lebih dan setiap tahun mereka mendapatkan dana pensiun sebesar 50 ribu yuan per orang per tahun.
       
"Bagi warga yang berusia di atas 90 tahun, akan mendapatkan bantuan dana pensiun sebesar 100 ribu yuan. Sekarang ada satu warga yang usianya di atas 90 tahun, sehingga dia berhak mendapatkan dana tersebut," katanya.
       
Selain Lansia, lanjutnya, anak-anak TK hingga SMA juga mendapatkan tunjangan dan mahasiswa mendapatkan tunjangan 500 guan per tahun. Bahkan, karyawan atau pegawai yang telah berusia 54 tahun juga boleh mengajukan pensiun.
      
Mereka yang pensiun tersebut juga mendapatkan tunjangan yang nominalnya bervariasi, mulai 286 yuan hingga 696 yuan per bulan. "Semua warga kami jamin kesejahteraannya, termasuk ketersediaan papan (tempat tinggal)," urainya.
      
Untuk tempat tinggal bagi warga, katanya, pihak kelurahan telah membangun perumahan yang lebih luas dan lebih bagus bagi warga. Jika pada tahun 1980 rumah warga rata-rata hanya seluas 50 meter persegi, tapi sekarang sudah 314 meter persegi.
       
Ia mengemukakan rumah warga yang lama diganti di lokasi yang baru dengan harga subsidi dan lebih luas, bahkan ada yang luas bangunannya mencapai 500 meter persegi (empat lantai). Area perumahan warga yang dibangun pada 2010 dan ditempati pada Desember 2016 itu seluas 520 ribu meter persegi.
       
Untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan warga Dayingjie tersebut, pihak kelurahan mengembangkan 28 perusahaan milik kelurahan yang dikelola secara bersama-sama. Dari pengelolaan perusahaan dan sejumlah usaha lainnya, Kelurahan Dayingjie meraih pendapatan daerah sebesar 5,44 miliar yuan pada 2016.
       
Menurut dia, pendapatan per kapita penduduk setempat rata-rata mencapai 76 ribu yuan lebih per tahun. "Kelurahan diberi keleluasaan untuk mengembangkan usaha bersama milik kelurahan, termasuk dalam memilih pemimpinnya," ujarnya.
        
Selain sektor pariwisata, sektor usaha lain yang menopang pendapatan daerah itu adalah properti, pertanian tembakau, batu bata, dan baja. "Ada produksi dari kelurahan ini, yakni bahan bangunan dan besi baja yabg diekspor, di antaranya ke Laos, Vietnam, Myanmar dan sejumlah negara di Asia Selatan," urainya.
        
Kelurahan Dayingjie berpenduduk 5.478 jiwa atau 1.870 kepala keluarga (KK) dan menjadi perkampungan pertama paling modern, tertata dengan baik dan mandidi di Provinsi Yunnan.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017