Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 130 wisatawan mancanegara (wisman) dari beberapa negara, Selasa mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

"Sebanyak 30 wisman berkunjung ke kawasan Keraton Sumenep di Kecamatan Kota dan 100 wisman lainnya ke Pantai Sembilan di Giligenting," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Sufiyanto di Sumenep.

Kedatangan ratusan wisman dari sejumlah negara itu, di antaranya Belanda dan Jerman, ke Sumenep difasilitasi oleh perwakilan agen perjalanan wisata internasional.

Kapal pesiar yang membawa mereka ke Sumenep lego jangkar di Perairan Saronggi dan selanjutnya mereka naik perahu karet ke daratan.

Puluhan wisman yang ke kawasan Keraton Sumenep tersebut disambut dengan penampilan Tari "Batu Cenning" di Pendapa Agung dan disuguhi aneka makanan khas.

Sementara kedatangan wisman ke Pantai Sembilan akan disambut penampilan kelompok musik tradisional dan disuguhi aneka macam ikan bakar.

"Kami di daerah memang tidak mengarahkan para wisman untuk berkunjung ke objek wisata tertentu. Kami hanya memfasilitasi supaya mereka nyaman dan aman selama berkunjung ke Sumenep," kata Sofi, sapaan Sufiyanto.

Pantai Sembilan di Giligenting itu merupakan objek wisata baru dan dikelola secara swadaya oleh perangkat dan warga desa setempat.

Pantai Sembilan memiliki cekungan pasir putih yang menyerupai atau membentuk angka sembilan (9) secara alami jika difoto dari atas (udara). (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017