Surabaya (Antara Jatim) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Bank Mayapada memberikan beasiswa kepada wartawan sebagai upaya meningkatkan pendidikan dan profesionalisme sumber daya manusia jurnalis.

"Ada 10 wartawan dari berbagai media yang menjadi anggota dan pengurus PWI yang mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan dengan bantuan beasiswa," ujar Ketua PWI Jatim Akhmad Munir kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Sepuluh wartawan tersebut, kata dia, bebas memilih program studi yang ingin diambil, namun tetap dalam satu universitas, yaitu Universitas Airlangga Surabaya.

Beasiswa S2 ini merupakan salah satu program PWI Jatim dan sudah di sepakati bersama melalui penandatanganan nota kesepahaman kedua pihak pada 29 Maret 2017 di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Kepala LKBN Antara Biro Jatim itu juga mengatakan program ini sepenuhnya didukung oleh Bank Mayapada yang juga pada saat sama ditandangani nota kesepahaman.

"Kami mengapresiasi Bank Mayapada yang selama ini sangat peduli dengan pendidikan. Nah, kali ini kepedulian Bank Mayapada jatuh pada dunia jurnalistik, khususnya pendidikan bagi para wartawan," ucapnya.

Dalam kerja sama program beasiswa ini, lanjit dia, Bank Mayapada menyerahkan seleksinya kepada PWI sebagai induk organisasi yang menaungi profesi wartawan.

Sementara itu, berdasarkan data yang diterima dari tim seleksi, jumlah pelamar untuk program beasiswa sebanyak 27 orang yang kemudian melalui seleksi administrasi ketat ditetapkan menjadi 12 wartawan.

Dari jumlah wartawan yang lolos, dua wartawan di antaranya adalah cadangan yang proses seleksinya dilakukan tim seleksi Unair sendiri.

"Jika ada yang tidak lolos maka cadangan bisa menggantikannya. Tapi kalau 10 awal lolos maka kami mohon maaf karena cadangan belum bisa ikut program ini," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017