Sumenep (Antara Jatim) - Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyatakan program tahun kunjungan wisata pada 2018 akan mengenalkan semua potensi dan objek wisata setempat.

"Untuk Program Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018 memang ada dua objek unggulan, yakni Pulau Giliyang dan Pantai Gililabak. Namun, objek wisata lainnya tetap akan dikenalkan dan dijual kepada publik," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur, Minggu sore.

Pada Minggu sore, Fauzi mengukuhkan pengurus dan anggota Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwapar) Sumenep di Pantai Lombang Kecamatan Batang Batang, sebuah objek wisata alam yang terkenal dengan jejeran pohon cemara udang dan bentangan pasir putih sejak puluhan tahun lampau.

"Objek unggulan itu merupakan simbol Program Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018. Tolong, ini dipahami oleh masyarakat dan kalangan wartawan. Semua potensi dan objek wisata di Sumenep tetap akan dikenalkan kepada publik," katanya, menegaskan.

Fauzi menjelaskan, sejak dulu, sejumlah objek wisata di Sumenep memang sudah dikenal oleh publik, di antaranya Pantai Lombang di Batang Batang, Pantai Slopeng di Dasuk, dan kawasan Keraton Sumenep di Kota.

Saat ini, sejumlah objek wisata alam baru juga bermunculan dan mulai ramai dikunjungi wisatawan, salah satunya Pantai Sembilan di Giligenting.

Selain itu, Sumenep juga memiliki seni dan budaya lokal yang telah lama dikenal publik dan menjadi daya tarik wisata, di antaranya Tari Muang Sangkal, musik tradisional "saronen", dan karapan sapi.

"Program Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018 merupakan salah satu momentum untuk mengemas dan menata semua potensi dan objek wisata itu menjadi lebih baik dan selanjutnya angka kunjungan wisatawan meningkat," ujarnya. 

Ia pun berharap semua elemen masyarakat di Sumenep, termasuk kalangan wartawan ikut mendukung pemerintah daerah yang pada 2018 memprogramkan tahun kunjungan wisata setempat.

Pemkab Sumenep mencanangkan 2018 sebagai tahun kunjungan wisata setempat pada akhir 2016. 

Pulau Giliyang di Kecamatan Dungkek memiliki kadar okigen di atas rata-rata daerah lainnya dan dikembangkan sebagai lokasi wisata kesehatan.

Sementara Pantai Gililabak di Talango memiliki pemandangan bawah laut yang menawan berupa kawasan terumbu karang. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat


Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017