Surabaya (Antara Jatim) - Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur menggelar Festival Cipta Desain dan Fashion Show Tata Busana untuk SMK se-Jatim guna mempromosikan produk yang dibuat oleh siswa SMK di wilayah itu. 

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Dr Saiful Rachman di Surabaya, Jumat mengatakan acara yang digelar dua hari dari 12 hingga 13 Mei itu diikuti 18 SMK bidang keahlian tata boga dan difasilitasi oleh UPT Bina Prestasi.

"Tujuannya untuk mempromosikan karya anak SMK yang bidang keahlian busana. Nantinya selain karya dari anak-anak SMK keahlian busana, juga akan diadakan kegiatan serupa untuk anak dari SMK tata boga, teknologi dan lain-lain," kata Saiful.

Saiful menambahkan, dari festival ini nantinya para pemenang akan diarahkan untuk tampil di tingkat nasional dan internasional.

Selain itu, kata Saiful, selama ini untuk pendidikan vokasional, secara nasional Jawa Timur sudah menjadi rujukan, hal itu terlihat dari perwakilan Indonesia untuk ajang World Skill di Abu Dhabi, Uni Emirates Arab yang mayoritas dari Jatim.

"Dari festival-festival seperti ini, nanti mereka kita arahkan ke bisnis. Bagaimana produk-produk mereka bisa diakui, tampilannya profesional, tidak ketinggalan, dan laku di pasaran," ujarnya.

Saiful berencana untuk SMA Seni akan dibuka program even organizer. Program ini nantinya agar siswa tidak hanya membuat produksi saja tapi juga bisa memasarkan, menampilkan dan bisa mengatur acara.

"Jadi anak SMK tidak hanya bisa produksi tapi juga ada bidang untuk memasarkan produk-produk mereka," tuturnya.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017