Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Surabaya mengoptimalkan pelayanan masyarakat di seluruh kantor kelurahan, kecamatan hingga Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) yang telah dibuka hingga hari Sabtu  mulai Mei 2017.
     
Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser, di Surabaya, Jumat, mengatakan pembukaan layanan masyarakat pada Sabtu sesuai surat edaran Sekretaris Kota Surabaya Nomor 800/271/436.8.3/2017.

"Dalam surat itu, seluruh pegawai Pemkot Surabaya diminta mendukung program pelayanan masyarakat pada hari Sabtu," katanya.

Menurut dia, tujuan dari  surat edaran tersebut adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja para aparatur sipil negara dan mengoptimalkan pelayanan masyarakat.

Surat edaran itu, lanjut dia, disebarkan ke seluruh kelurahan, kecamatan, dinas, badan dan juga bagian di jajaran Pemkot Surabaya. Ia berharap mulai bulan Mei semua warga Surabaya akan lebih maksimal menikmati pelayanan. 

"Puskesmas misalnya yang biasanya tutup Sabtu, pada hari itu akan buka hingga siang hari. Begitu juga kantor kecamatan dan kelurahan, jika biasanya layanan tidak bisa dilakukan lantaran akhir pekan, akan bisa terlayani," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, sebenarnya ada juga yang sudah buka meski hari Sabtu, seperti halnya pelayanan Dispendukcapil Surabaya. "Ke depan, semua layanan pemkot juga akan buka. Warga Kota Surabaya akan lebih dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan dari Pemkot Surabaya," katanya.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Aden Darmawan mengatakan kebijakan wali kota itu patut didukung jika untuk kebutuhan masyarakat. "Kebijakan Sabtu masuk saya rasa sesuai kebutuhan masyarakat," katanya.

Hanya saja, ia berharap kebijakan masuk kerja hari Sabtu tidak hanya untuk aparatur bidang pelayanan tapi untuk semua pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya.

Menurutnya, hal itu untuk menghindari kecemburuan antar aparatur daerah bidang pelayanan dan yang bukan. "Saya kira memang sewajarnya PNS maupun non PNS bagian pelayanan maupun bukan, hari Sabtu melakukan kegiatan di kantor masing-masing. Sehingga dapat melayani masyarakat Surabaya," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017