Sampang (Antara Jatim) - Sedikitnya 640 calon haji asal Kabupaten Sampang, Jawa Timur, telah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

"Pemeriksaan kesehatan calon haji ini mulai tanggal 8 Mei dan akan berlangsung hingga 16 Mei 2017," kata Kepala Dinkes Firman Pria Abadi di Sampang, Kamis.

Kali ini, kata Firman, merupakan pemeriksaan tahap kedua dan digelar di sejumlah puskesmas di Kabupaten Sampang.

Selain memeriksa kesehatan calon haji, tim medis Dinkes Sampang juga memberikan vaksin kepada para calon haji.

"Ini dimaksudkan untuk kekebalan tubuh calon haji selama menunaikan ibadah di Tanah Suci Makkah," ungkap Firman.

Pelaksanaan tes kesehatan calon haji Sampang ini, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara ibadah haji Kabupaten Sampang dan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

Kepala Dinkes menjelaskan, pemeriksaan kesehatan calon haji itu antara lain pemeriksaan jantung, tekanan darah, dan fisik calon haji.

Bagi calon haji yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik akan diperiksa lebih lanjut oleh dokter spesialis.

"Hasilnya nanti akan diketahui setelah semua calon haji menjalani peneriksaan," ujar Firman.

Sementara, terkait pemberian vaksin miningitis, menurut Firman, untuk kekebalan tubuh dan tidak mudah terkontaminasi virus, mengingat saat di Tanah Suci Makkah, jamaah haji dari berbagai penjuru dunia.

"Kami juga telah mengimbau kepada calon haji agar senantiasa menjaga kesehatan, sehingga mereka bisa menunaikan ibadah haji dengan sempurna," ucap Firman. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017