Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 154 calon haji Kabupaten Jember, Jawa Timur batal berangkat untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah tahun 2017 karena belum melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sebesar Rp35,6 juta.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Jember Misbakhul Munir, Selasa, mengatakan jumlah calon haji yang belum melakukan pelunasan BPIH tahap pertama hingga batas akhir pelunasan pada 5 Mei 2017 tercatat 154 orang.

"Jumlah calon haji yang sudah melunasi tercatat 2.152 orang ditambah dengan calon haji cadangan 47 orang, sehingga totalnya calon haji yang sudah lunas mencapai 2.199 orang," katanya di Kantor Kementerian Agama Jember, Selasa.

Menurutnya 154 calon haji yang belum melunasi BPIH tahap pertama secara otomatis akan masuk kuota haji yang berangkat pada tahun 2018 dan pihaknya akan melaporkan sisa kuota tersebut kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur yang akan diteruskan ke Kementerian Agama pusat.

"Pelunasan tahap pertama juga berlaku bagi calon haji cadangan dengan nomor porsi 1300435675 sampai dengan 1300437641 dengan terlebih dahulu mengisi surat pernyataan di Kantor Kemenag Jember," tuturnya.

Ia mengatakan pelunasan BPIH tahap dua dilaksanakan pada 22 Mei hingga 2 Juni 2017 hanya diperuntukkan bagi calon haji yang masuk kriteria pelunasan tahap pertama, namun mengalami kegagalan sistem seperti gangguan jaringan siskohat, sehingga diimbau tidak melakukan pelunasan di hari-hari terakhir.

"Pelunasan tahap dua juga berlaku bagi calon haji yang nomor porsinya telah masuk alokasi kuota berangkat tahun 2017 yang sudah berstatus haji, serta calhaj lanjut usia dengan minimal usia 75 tahun dan calon haji penggabungan suami/istri, anak kandung/orang tua kandung yang terpisah,"katanya.

Terkait jumlah kuota pada pelunasan BPIH tahap kedua, lanjut dia, pihaknya masih  menunggu sisa kuota yang diberikan Kanwil Kemenag Jatim, sehingga total jumlah calon haji Jember yang berangkat tahun ini masih menunggu pelunasan tahap dua.

Kabupaten Jember mendapat kuota haji 2.312 orang pada tahun 2017 dan jumlah tersebut termasuk tambahan kuota haji sebanyak 625 orang karena sebelumnya kuota haji Jember 1.687 orang.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017