Jember (Antara Jatim) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember, Jawa Timur, menyiapkan Desa Karangbayat sebagai salah satu destinasi wisata keluarga dengan berbagai potensi yang dimiliki desa setempat.

"Untuk berkunjung ke Desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru dari jalan besar hanya butuh waktu 10 menit dan wisatawan bisa melihat sawah terasiring, perkebunan kopi, pinus, durian dan pegunungan yang indah," kata Kasi Pariwisata dan Budaya Disparbud Kabupaten Jember Sirajudin di Jember, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya memilih Desa Karangbayat sebagai destinasi desa wisata keluarga berdasarkan atas beberapa pertimbangan di antaranya lokasi destinasi wisatanya yang mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat. 

Selain itu, lanjut dia, lokasi Desa Karangbayat juga memiliki kisah legenda para raja, pertapa, dan kisah dari Dewi Rengganis yang sangat bernilai sejarah, dan menarik untuk dipahami maknanya.

"Di sana juga ada destinasi wisata sungai menari, air terjun dewi rengganis, serta bekas candi dan prasasti sejarah, sehingga suatu perpaduan daya tarik wisata yang satu-satunya cukup unik," tuturnya.

Menurutnya kolaborasi wisata alam dengan wisata sejarah memiliki daya tarik tersendiri, sehingga ke depan akan digarap menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

"Kami juga sudah menyiapkan segala potensi yang ada untuk menjadikan Desa Karangbayat sebagai destinasi wisata keluarga, bersama dengan dukungan dari masyarakat setempat, sehingga dalam waktu dekat akan segera diluncurkan desa wisata keluarga Karangbayat untuk segera menarik minat wisatawan," ujarnya.

Ia mengatakan langkah awal yang akan dilakukan Disparbud Jember adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang potensi destinasi wisata itu, kemudian mengerahkan masyarakat untuk mau berpartisipasi untuk dapat menjadi kelompok sadar wisata yang dapat mengembangkan desa wisata tersebut.

"Desa Wisata Keluarga Karangbayat akan menjadi daya tarik baru yang menarik bagi wisatawan karena konsep yang dikembangkan, agar wisatawan selama berada di Karangbayat serasa tinggal di rumah sendiri," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017