Surabaya (Antara Jatim) - Pameran seni visual bertajuk "Kotakukotakita" di Galeri Museum House of Sampoerna (HoS) Surabaya menyambut perayaan hari jadi ke-724 Kota Surabaya. 
     
Pameran karya dosen dan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra Surabaya itu dibuka 5 Mei dan akan terbuka untuk umum hingga 3 Juni mendatang. 
     
"Kita sengaja menggandeng dosen dan mahasiswa jurusan DKV Universitas Kristen Petra Surabaya untuk berpameran di sini dalam rangka meramaikan hari jadi Kota Surabaya,"  ujar Manager Museum dan Marketing HoS Rani Anggraini, ditemui di lokasi pameran, Kamis. 
     
Dengan mengajak dosen dan mahasiswanya, menurut Rani, menjadikan pameran seni visual bertema Kota Surabaya ini memunculkan dua perspektif.
     
"Jadinya ada dua generasi yang memamerkan karyanya di sini, yaitu generasi dosen dan generasi mahasiswanya. Sehingga kita bisa menyaksikan perspektif Kota Surabaya dari masing-masing sudut pandang hasil karya dua generasi yang berbeda usia ini," ujarnya. 
     
Terdapat 30 karya seni visual yang dipamerkan. Masing-masing menggunakan media seni yang berbeda-beda, seperti seni lukis, grafis, ilustrasi, instalasi, video, yang semuanya menggambarkan dinamika Kota Surabaya.
     
Karya-karya tersebut terbagi menjadi beberapa kelompok subtema, seperti ragam permasalahan kota, impresi dan apresiasi warga Kota Surabaya, serta kondisi masyarakatnya.
     
Ketua Program Studi DKV Universitas Kristen Petra Surabaya Aristarchus Pranayama berharap dari karya-karya seni visual yang dipamerkan ini dapat membatu masyarakat yang menyaksikan untuk melihat sisi Kota Surabaya dari pespektif yang berbeda. 
     
"Mudah-mudahan dapat membuka pikiran bagi pengunjung yang menyaksikan pameran ini untuk melihat Kota Surabaya secara berbeda dengan lebih 'fresh'," katanya. 
     
Dengan begitu, lanjut dia, para pengunjung yang menyaksikan karya-karya pameran dari para dosen dan mahasiswanya ini, kemudian diharapkan dapat berinovasi berdasarkan bidang keahliannya masing-masing untuk lebih memajukan Kota Surabaya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017