Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Surabaya mulai mensosialisasikan peluang beasiswa kepada anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Pahlawan agar bisa terus menapaki pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
     
Kepala Dinas Sosial Surabaya Supomo, di Surabaya, Kamis, mengatakan untuk tahun 2017 ini ada lebih dari 400 beasiswa yang bisa dimanfaatkan anak-anak Surabaya yang lulus dari SMA/SMK. 

"Kami akan terus melakukan sosialisasi ke RT/RW, harapannya agar semakin banyak warga Surabaya dari keluarga kurang mampu yang mendapatkan kesempatan untuk mengangkat martabat keluarganya jadi lebih sejahtera," katanya.

Menurut dia, untuk beasiswa yang diberikan Pemkot pada tahun lalu, beberapa di antara siswa penerima beasiswa merupakan warga yang tinggal di kawasan eks lokalisasi. Mereka adalah warga terdampak pascaalih fungsi beberapa lokalisasi di Surabaya. 

Tentunya, kata dia, itu menjadi bukti nyata bahwa Pemkot Surabaya tidak hanya melakukan penutupan lokalisasi, tetapi juga memperhatikan urusan pemberdayaan warganya. Termasuk juga dengan memberikan pelatihan wirausaha kepada warga.

"Efek positifnya bisa terlihat sekarang dengan tampilnya beberapa warga di kawasan eks lokalisasi sebagai pengusaha sukses," katanya.

Kasubag Umum Kepegawaian Dinas Sosial Kota Surabaya, Rosalia Retno Bintarti mengatakan beasiswa tersebut bisa berupa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri di Surabaya bila memang anak yang bersangkutan memiliki kemampuan akademis.

"Untuk tahun 2017 ini, ada 454 kuota beasiswa yang bisa diambil anak-anak. Syaratnya adalah warga Surabaya yang lulus SMA/SMK dan berasal dari keluarga kurang mampu," ujarnya.

Rosalia menjelaskan dari 454 kuota tersebut, ada program diploma atau sarjana di perguruan tinggi negeri sebanyak 300 kuota. Lalu pilot untuk lima orang, sarjana (S1) kedokteran untuk 50 orang, magister (S2) kenotariatan sebanyak dua kuota serta diklat seperti teknisi pesawat terbang sebanyak 60 kuota. 

Bagi warga Surabaya yang berminat dan memenuhi syarat, Rosalia mempersilahkan langsung untuk datang langsung ke UPTD Kalijudan di Jalan Villa Kalijudan Indah XV, Kalijudan, Mulyorejo. Syaratnya cukup membawa KTP, Kartu Keluarga (KK) dan ijazah.  Lalu, mengisi form untuk pendaftaran. 

"Kami akan melakukan seleksi administratif, lalu melakukan verifikasi ke tempat tinggalnya untuk memastikan bahwa yang bersangkutan memang dari keluarga kurang mampu, juga melakukan tes potensi," kata Rosalia. (*)


Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017