Madiun (Antara Jatim) - Ribuan buruh dan pekerja di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur memperingati hari Buruh Sedunia atau May Day yang jatuh setiap tanggal 1 Mei dengan sejumlah kegiatan positif.
     
"Kita tidak berdemo hari ini. Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day tahun ini, kami menggelar beberapa kegiatan positif, yakni senam bersama dan bakti sosial dengan melakukan pengobatan gratis, donor darah, dan bazar," ujar Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Madiun Sumadi kepada wartawan, Senin. 
     
Menurut dia, kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 1.200 pekerja yang berasal dari ratusan perusahaan dan tempat usaha yang ada di Kabupaten Madiun, baik skala besar, menengah, maupun kecil. Masing-masing perusahaan mengirimkan 10 orang perwakilannya untuk mengikuti kegiatan tersebut.
     
Adapun, kegiatan senam bersama dan bakti sosial dengan melakukan pengobatan gratis, donor darah, dan bazar tersebut dilakukan di dua lokasi. Yakni di GOR Pangeran Timur Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun dan di PT Karya Mitra Budi Santosa berada di Kelurahan Bangunsari Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. 
     
Selain senam bersama dan menggelar bakti sosial, kegiatan tersebut juga diwarnai dengan panggung hiburan dan pembagian hadiah dari panitia kepada para buruh yang ikut kegiatan tersebut.
     
Kapolres Madiun AKBP I Made Agus Prasatya yang hadir dalam kegiatan tersebut mengaku bangga dengan buruh Kabupaten Madiun yang memilih melakukan kegiatan positif dari pada berunjuk rasa. 
     
Pihaknya mengklaim tidak ada laporan dan izin pemberitahuan berdemo yang masuk ke Polres Madiun pada peringatan Hari Buruh Sedunia tahun 2017. 
     
"Dari pada menggelar unjuk rasa yang pasti akan berdampak pada rawannya kamtibmas, mending kita melaksanakan kegiatan positif seperti ini. Dan hingga hari ini, tidak ada izin demontrasi Hari Buruh Sedunia, jadi dipastikan tidak ada aksi demo di Kabupaten Madiun," kata AKBP I Made. 
     
Ia mengapresiasi kegiatan dan semangat yang dilakukan oleh para buruh di Kabupaten Madiun. Ia berharap peringatan Hari Buruh Sedunia di tahun-tahun mendatang di wilayah Kabupaten Madiun tetap positif dan jauh dari kerusuhan.
     
Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Madiun. Di antaranya Bupati Madiun Muhtarom, Kapolres Madiun AKBP I Made Agus, Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Rahman Fikri, Ketua DPRD Kabupaten Madiun Djoko Setiono, Wakil Bupati Madiun Iswanto, para asisten dan pimpinan SKPD Pemkab Madiun. 
     
Hadir pula, Kadisnakertrans Kabupaten Madiun Wijanto Joko Purnomo, Ketua SPSI Kabupaten Madiun, dan ribuan perwakilan buruh setempat. Acara berlangsung meriah dan lancar dengan pengamanan ketat dari ratusan anggota gabungan Polres Madiun, Kodim Madiun, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Madiun serta relawan. (*)
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017