Bojonegoro (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan BUMdes daerahnya mulai mengirimkan komoditas pertanian yaitu buah belimbing dan jambu masing-masing 1 ton kepada "Carrefour" di Surabaya, Jumat.

"Pengiriman belimbing dan jambu harapannya akan terus ditingkatkan kalau kondisi panen raya," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab  Bojonegoro Heru Sugiharto, di Bojonegoro, Jumat.

Sebelum itu, menurut dia, Bupati Bojonegoro Suyoto menandatangani nota kesepahaman dengan Manajemen Carrefour di Jakarta terkait pemesanan produk pertanian, di daerahnya, Kamis (27/4).  

Pada kesempatan itu juga diluncurkan PT. Mitra BUMDes Nusantara dengan ditandai penandatanganan nota kesepahaman antara pihak Perum Bulog, Kopelindo dan sejumlah bupati, termasuk Bupati Bojonegoro Suyoto.

"Penandatangan nota kesepahaman disaksikan  Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo," ucapnya.

Bupati Bojonegoro Suyoto, menyatakan kerja sama dengan Carrefour itu menjadi tidak berarti kalau masyarakat tidak mampu menangkap peluang untuk memasarkan produk pertaniannya.
   
"Ini tidak berarti kalau kita semua rakyat Bojonegoro tidak mampu menangkap peluang," tandasnya.

Kepala Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro M. Syaifi'i, menjelaskan pesanan Carrefour untuk belimbing rata-rata sebanyak 1 ton per pekan.

Selain itu, lanjut dia, Carrefour juga memesan produk olahan belimbing mulai sirup belimbing, sari buah belimbing, juga sirup jambu merah dan sari buah jambu merah produksi di desanya.

"Kami juga akan mengambil produk belimbing di Desa Mojo, juga di Kecamatan Kalitidu," jelas dia.

Sesuai rencana, menurut dia, belimbing juga produk olahan belimbing itu akan dipasarkan di jaringan pasar modern di wilayah Carrefour di Tanah Air.

Di desanya, kata dia, tercatat luas kebun belimbing mencapai 20,4 hektare dengan jumlah 9.000 pohon dan Desa Mojo, seluas 15 hektare dengan jumlah sekitar 7.000 pohon.
   
"Produksi belimbing rata-rata dalam setahun 90 kilogram per pohon. Saat ini harga belimbing berkisar Rp8.000-Rp12.000 per kilogram," ucapnya.

Untuk harga sirup belimbing dan sirup jambu merah masing-masing Rp22.000 per botol dan sari buah belimbing dan jambu merah masing-masing harganya Rp1.000 per gelas air mineral. (*)



Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017