Probolinggo (Antara Jatim) - Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari meraih penghargaan sebagai kepala daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Surabaya.

Penghargaan Gubernur Jatim kepada kepala daerah dan camat berprestasi di wilayah provinsi setempat digelar dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah  di Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis.

"Penghargaan tersebut merupakan prestasi seluruh jajaran pemerintah daerah dan warga Kabupaten Probolinggo," kata Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari di Probolinggo.

Menurutnya prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras dan sinergitas seluruh jajaran pemerintah, legislatif, serta partisipasi aktif tokoh dan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

"Penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Probolinggo atas kinerjanya berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2016 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2015 dengan status 'Sangat Tinggi'," tuturnya.

Selain Bupati Tantriana, Camat Dringu Kristiana Ruliani sebagai camat perempuan pertama dan satu-satunya di Kabupaten Probolinggo juga mendapatkan penghargaan dari Gubernur sebagai juara harapan 2 pada lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2016.

"Kedua penghargaan tersebut menjadi kado istimewa bagi Kabupaten Probolinggo yang merayakan Hari Jadi ke-271," katanya.

Gubernur Jatim Soekarwo dalam sambutannya memberikan apresiasi atas prestasi dua pemimpin perempuan dari Kabupaten Probolinggo tersebut. 

"Ini merupakan bukti emansipasi gender. Ibu Bupati dan Bu Camat mampu membuktikan bahwa perempuan juga bisa berbuat lebih baik dari laki-laki," kata Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

Penghargaan kepala daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintah daerah di Jatim yaitu peringkat pertama diraih Pemkab Sidoarjo, diikuti Pemkab Lamongan, Pemkab Banyuwangi di peringkat ketiga, serta Pemkab Probolinggo di peringkat keempat.

Sedangkan lima kecamatan yang memperoleh penghargaan kategori sinergitas kinerja kecamatan di Provinsi Jatim Tahun 2016, yaitu di peringkat pertama Kecamatan Tulakan (Pacitan), Kecamatan Kota Sumenep (Sumenep) dan Kecamatan Sukorejo (Kabupaten Pasuruan).

Kemudian dua lainnya di posisi harapan pertama dan kedua adalah Kecamatan Sukolilo (Surabaya), serta Kecamatan Dringu (Kabupaten Probolinggo).(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017