Pamekasan (Antara Jatim) - Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Periode 1972-1974 Akbar Tanjung mendorong organisasi itu segera melakukan modernisasi organisasi.

"Tren HMI akhir-akhir ini kian meningkat, dan ini dibuktikan dengan gencarkan kegiatan perkaderan di cabang-cabang, seperti yang dilakukan HMI Cabang Pamekasan kali ini," kata Akbar Tanjung dalam acara pertemuan terbatas dengan aktivis HMI dan Korp Alumni HMI di Pamekasan, Kamis.

Apalagi, sambung Akbar, sebaran kader-kader HMI kini kian meluas di berbagai daerah di Indonesia, yakni mencapai 600.000-an kader dengan jumlah 215 cabang se-Indonesia.

Hanya saja, pendataan tentang jumlah keanggotaan baik keanggotaan kader, maupun alumni belum terdata secara valid.

"Kedepan perlu adanya modernisasi dengan sistem pendataan secara online, sehingga kader-kader organisasi ini bisa terlacak secara online," kata Akbar Tanjung.

Tidak hanya HMI, mantan Ketua Umum Partai Golkar ini juga mendorong agar organisasi alumni HMI, yakni Kahmi melakukan hal yang sama.

Dalam pertemuan terbatas dengan alumni dan aktivis HMI di Pamekasan itu, Akbar Tanjung juga menuturkan, dirinya pernah berupaya menerapkan pola pengkaderan sebagaimana diterapkan HMI tapi belum bisa.

"Umumnya, partai-partai belum bisa melakukan kaderisasi seperti yang dilakukan HMI ini, termasuk partai saya," ujar Akbar Tanjung yang juga penasihat Partai Golkar ini.

Akbar Tanjung menuturkan, saat dirinya menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar ia berupaya meningkatkan perkaderan seperti yang diterapkan di HMI tapi belum bisa.

"Maka saya berharap, HMI optimalisasi pengkadaren terus ditingkatkan," ucap Akbar Tanjung.

Hadir dalam pertemuan itu, Presidium Kahmi Pamekasan Gazali, sejumlah anggota DPRD dari partai berbeda, yakni Munaji Santoso dari PKB, Masykur dari PPP, sejumlah pengurus Partai Golkar, yakni Sulaisi Abdurrazaq dan Samsul Arifin, dan pengurus Partai Demokrat Taufan Ahmadi dan Khairul Kalam.

Anggota Kahmi Pamekasan lainnya yang juga hadir dalam pertemuan itu ialah Kartolo dari Partai Amanat Nasional dan Bendahara PPP Ali Maskur. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017