Sidoarjo (Antara Jatim) - Harga kebutuhan pokok  di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur,  menjelang Ramadhan masih stabil.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo,  Fenny Apridawati, Rabu, mengatakan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional belum menunjukkan adanya kenaikan.

"Seperti harga daging sapi kualitas super di Pasar Taman, Sidoarjo, sekitar Rp95 ribu untuk setiap kilogramnya. Begitu juga dengan harga daging ayam saat ini masih Rp28 ribu per kilogram," katanya.

Ia mengemukakan, untuk harga telur ayam dari data yang masuk masih sekitar Rp16.500 per kilogram serta Rp2.500 untuk telur bebek per butir.

"Terkait dengan informasi harga bawang putuh yang naik, di Sidoarjo sampai dengan hari ini masih stabil yaitu Rp52 ribu setiap kilogram dan harga bawang merah sebesar Rp22 ribu per kilogram," ujarnya.

Ia menyatakan akan terus melakukan pengawasan terkait dengan kemungkinan kenaikan sejumlah bahan pokok menjelang pelaksanaan puasa Ramadhan seperti sekarang ini.

"Pemantauan tetap kami lakukan setiap harinya. Kami juga mendapatkan laporan harian harga kebutuhan pokok yang dikeluarkan oleh pasar tradisional untuk memantau pergerakan kenaikan dan penurunan harga kebutuhan pokok," tukasnya.

Menurut dia, pada saat bulan Ramadhan nanti pihaknya akan menggelar pasar rakyat untuk menekan tingginya harga kebutuhan pokok.

"Salah satu upaya untuk menekan tingginya harga kebutuhan pokok adalah dengan melaksanakan pasar rakyat dan juga operasi pasar. Untuk waktunya akan dikoordinasikan lagi," katanya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menyiapkan kegiatan berupa Pasar Rakyat, saat pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan untuk mengendalikan harga kebutuhan bahan pokok.

"Belum ditentukan tanggalnya kapan, namun yang jelas pada awal Juni mendatang kegiatan ini akan dilaksanakan," katanya.

Ia menjelaskan, selain melaksanakan kegiatan Pasar Rakyat pada saat Bulan Suci Ramadhan nanti juga akan dilaksanakan kegiatan penjualan bahan pokok murah.

"Ini merupakan kegiatan yang rutin kami lakukan setiap tahun untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang pelaksanaan Lebaran," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017