Sidoarjo (Antara Jatim) - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah memamerkan pelayanan "berkas mlaku dhewe" atau (BMW) yang sudah diterapkan di Kecamatan Sukodono, Sidoarjo pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke - XXI di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo, Selasa.

"Dengan pelayanan 'BMW' tersebut, maka masyarakat yang memohon segala keperluan tidak perlu lagi bolak-balik mengurus surat-suratnya, karena berkas yang dimasukkan tersebut jalan sendiri atau 'mlaku dhewe' dalam bahasa Jawa," katanya pada saat pelaksanaan "Gala Dinner" Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXI di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengemukakan, saat ini pelayanan "BMW" tersebut masih dilaksanakan di Kecamatan Sukodono saja dan akan terus dikembangkan di kecamatan lain di Kabupaten Sidoarjo.

"Nantinya pelayanan ini akan terus dikembangkan dan juga dipaplikasikan di 17 kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Sidoarjo supaya masyarakat tidak perlu kerepotan saat melaksanakan kepengurusan berkasnya," ujarnya.

Bupati yang akrab dipanggil Abah Ipul ini mengatakan, selain memamerkan layanan "BMW" pada kegiatan ini pihaknya juga memamerkan layanan perizinan yang ada di kabupaten setempat.

"Untuk perizinan terpadu yang sudah terhubung dalam aplikasi sistem ini juga sudah menjadi 'rule' model KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)," urainya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan terus ditingkatkan karena pelayanan publik berbasis "electronic goverment" ini diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat.

"Selain itu, kegiatan ini juga sebagai salah satu langkah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam memuwujudkan 'smart city' atau kota pintar sebagaimana arahan dari menteri dalam negeri untuk mewujudkan pemerintah yang baik," jelasnya.

Ia mengatakan, penerapan prinsip pemerintah baik atau tidak salah satunya adalah diukur dari dalam pelayanan publik.

"Kami berharap kepada semua abdi negara yang ada untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi demi memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Dirjen Otoda Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengatakan, pada pelaksanaan "Gala Diner" ini diberikan beberapa penghargaan seperti apresiasi terhadap pemerintah daerah yang berkinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintaah dan pelaksanaan otonomi khusus.

"Pemda tersebut di antaranya Provinsi DI Jogjakarta, Provinsi Papua, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Pulau Talibu," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk kategori apresiasi penataan kelembagaan dan kepegawaian provinsi kabupaten atau kabupaten kota diberikan kepada Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Demak, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

"Juga diberikan apresiasi terbaik fasilitas pilkada serentak tahun 2017 yakni Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Tambraw dan Kota Tasikmalaya," katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya penghargaan ini diharapkan bisa memberikan dorongan semangat daerah terselenggara otonomi daerah yang baik.

"Selain itu bisa menjadi bagian strategi pemerintah supaya kedepannya menjadi lebih efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017