Surabaya (Antara Jatim) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Distribusi Jatim menyumbang sebanyak seribu buku ke Rumah Baca Surabaya dan beberapa badan arsip serta perpustakaan di wilayah setempat, dalam rangka kegiatan sosial menyambut Hari Kartini.

Deputi Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo di Surabaya, Jumat mengatakan buku yang disumbangkan itu berasal dari kontribusi seluruh jajaran pegawai dan manajemen PLN se-Jawa timur yang terdiri dari 17 area dan 1 Kantor Distribusi.

"Tidak semuanya baru, banyak juga buku bekas hasil sumbangan dari karyawan PLN, tapi semuanya masih bagus dan layak baca karena kami menyeleksi secara teliti," katanya.

Ia mengatakan, salah satu lokasi yang mendapat sumbangan itu adalah Taman Bacaan RW 01 Jalan Rajawali, yang merupakan salah satu taman bacaan yang selama hanya mendapat buku dari sumbangan mandiri warga sekitar.

"Ini menjadi dasar PLN memilih taman bacaan ini sebagai lokasi penyerahan buku untuk negeri. Selain itu semangat dari pengurus taman baca itu yang bekerja tanpa pamrih merupakan aset yang paling berharga, dan harus didukung berbagai pihak baik pemerintahan dan instansi atau lembaga lainnya seperti PLN," katanya.

Oleh karena itu, kata Pinto, PLN tergerak untuk mendorong pemenuhan kebutuhan buku ke berbagai lokasi Rumah atau Taman Baca, karena buku sebagai jendela ilmu.

Pinto berharap, kegiatan sosial ini akan dilakukan setiap tahun, khususnya dalam menyambut Hari Kartini, namun dengan jumlah buku yang akan terus ditambah.

"Kami juga akan membuka untuk masyarakat yang ingin menyumbangkan buku bacaan yang tidak terpakai, sebab kami ingin peringatan Hari Kartini ini menjadi bermakna dengan kegiatan sosial. Apa yang kami lakukan merupakan awal untuk mewujudkan generasi muda yang gemar membaca, sehingga ke depan generasi muda Indonesia bisa semakin cerdas dan berwawasan luas," katanya. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017