Gresik (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memimpin doa bersama siswa peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gresik.

"Berdoa adalah bagian dari ikhtiar untuk meraih yang terbaik dan Insya Allah dikabulkan oleh Allah SWT," ujarnya di sela memimpin doa sebelum inspeksi siswa UNBK.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor dua di Pemprov Jatim itu didampingi Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Kapolres Gresik AKBP Boro Windu.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, juga memberi semangat kepada semua siswa sekaligus meminta agar tak tertekan saat mengerjakan ujian.

Pelaksanaan UNBK saat ini, kata dia, telah disiapkan sistem dan program aman dari pemerintah sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu juga optimistis pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan sukses karena semua telah terintegrasi dan bekerja sama antarpihak terkait.

"Konektivitas internet yang mumpuni, perangkat komputer yang dibutuhkan, penggunaan listrik agar tidak padam hingga komponen adalah  pendukung dari kesuksesan pelaksanaan UNBK," katanya.

Tak hanya itu, lanjut dia, pemerintah juga menyiapkan server cadangan jika sewaktu-waktu terdapat masalah dengan menyiapkan teknisi yang bertugas mendampingi di setiap sekolah dan berjaga-jaga jika terdapat gangguan pada perangkat maupun konektivitas.

Selepasa dari SMAN 1 Gresik, Gus Ipul juga memantau pelaksanaan UNBK di SMA NU 1 Gresik, SMA Muhammadiyah 1 Gresik, serta SMA Negeri 1 Kebomas, Gresik. (*)
Video oleh: Fiqih A

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017