Sampang, (Antara Jatim) - Sebanyak tujuh sekolah di Kota Sampang, Jawa Timur terdampak banjir akibat luapan Sungai Kalikamuning yang terjadi sejak Minggu pagi dan hingga kini masih berlangsung.

Ketujuh sekolah itu masing-masing SDN Gunung Maddah III di Dusun Glisgis, Desa Gunung Maddah, SMPN 6 di Jalan Imam Bonjol, SMKN I di Jalan Suhadak, SDN Dalpenang III di Jalan Imam Bonjo, dan SDN Dalpenang l di Jalan Imam Bonjol, Sampang.

Selanjutnya SDN Rongtengah I di Jalan Trunojoyo dan SDN Rongtengah II di Jalan Bahagia Sampang.

"Banjir mulai menggenangi Kota Sampang sejak pagi, setelah hujan deras mengguyur wilayah utara," kata Kepala BPBD Sampang Wisnu Hartono, Minggu sore.

Selain menggenangi lembaga pendidikan, fasilitas umum lainnya yang juga terdampak banjir ialah Pasar Sore Deggedek di Jalan Suhadak, Sampang. 

Ketinggian genangan di tujuh sekolah itu, antara 30 hingga 40 Cm, sedangkan di Pasar Sore antara sekitar 40 Cm.

Berdasarkan data BPBD Pemkab Sampang, banjir kali ini menggenangi tiga desa dan dua kelurahan, yakni Desa Pasean, Panggung dan Desa Gunung Maddah. Dua kelurahan lainnya ialah Kelurahan Dalpenang dan Kelurahan Rongtengah.

Di Desa Pasean genangan banjir terjadi di Dusun Lembung serta di ruas jalan desa dan pemukiman warga dengan ketinggian antara 10-20 cm. Desa Panggung antara 30 hingga 40 Cm dan di Desa Gunung Maddah, yakni di Dusun Glisgis ketinggian genangan banjir antara 40hingga 50 Cm. 

Sedangkan di Kelurahan Dalpenang genangan banjir terjadi di Jalan Imam Bonjol depan SMP 6 sekitar dengan ketinggian antara 40 hingga 50 Cm, Jalan Suhadak depan SMK I sekitar antara 40 hingga 50 Cm, Jalan Suhadak depan Pasar Sore Deggedek dengan ketinggian genangan antara 50 hingga 60 cm.

Selanjutnya di Jln Imam bonjol depan SDN Dalpenang l  Sampai dengan RRI sekitar (50-60 cm), Jalan Melati (50-60 cm), Jalan Mawar  (30-40 Cm), Jalan Panglima Sudirman (30-40 Cm), Jalan KH Hasyim Ashari (30-40 cm), Jalan Teratai (20-30 Cm), Jalan Seruni (20-30 Cm), Jalan Kamboja (20-30 Cm), Jalan Cempaka (20-30 Cm), dan di Jalan Kenanga dengan ketinggian genangan antara 20 hingga 30 Cm.
 
Di Kelurahan Rongtengah genangan banjir akibat luapangan Sungai Kalikamuning terjadi di Jalan Pahlawan, yakni di Masjid Agung Sampang dengan ketinggian genangan antara 50 hingga 60 Cm, di Area Monumen Trunojoyo (50-60 Cm), Jalan Merapi (50-70 Cm), Jalan Bahagia (10-20 Cm) dan di Jalan Trunojoyo sekitar 5 Cm.

"Data genangan banjir ini hingga pukul 10.00 WIB tadi, sedangkan data terbaru masih menunggu laporan lebih lanjur dari petugas di lapangan," ucap Wisnu.

Ia memperkirakan, genangan banjir akan lebih tinggi, sebab selain air laut pasang, hingga kini hujan masih mengguyur di sebagian wilayah utara Sampang.

Akibat banjir ini, arus lalu lintas dari Kota Sampang menuju Kecamatan Omben lumpuh, dan demikian juga arus lalu lintas jurusan Kabupaten Pamekasan menuju Bangkalan yang melalui Kota Sampang.

"Untuk sementara, petugas lalu lintas terpaksa mengalihkan melalui jalur alternatif yakni melalui Jalan Samsul Arifin dan Jalan Makbul," tutur Wisnu Hartono. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017