Surabaya (Antara Jatim) - Sopir angkutan dalam jaringan (daring/online) yang tergabung dalam Asosiasi DPD Sopir Online Jawa Timur menunda aksi turun jalan untuk menolak Draft Pergub Jatim tentang Transportasi Daring, setelah melakukan pertemuan dengan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal.

Sekjen Dewan Perwakikan Daerah Sopir Online Jatim Amir Maksum di Surabaya, Rabu mengatakan penundaan aksi turun jalan karena Pemprov Jatim berjanji akan memfasilitasi perwakilan sopir untuk bertemu Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"Rencana aksi besok (Kamis, 6/4) kami tunda dulu, sampai terealisasi pertemuan dengan Pak Gubernur, sebab yang sudah konfirmasi kepada kami ada sedikitnya 2.200 sopir akan turun jalan," kata Amir, usai bertemu Kapolretabes Surabaya.

Ia mengaku, pihaknya bersama rekan-rekan sopir lainnya tetap pada pendirian untuk menolak Draft Pergub Tentang Transportasi Daring, karena beberapa poin serta kuota dalam aturan itu merugikan.

Meski demikian, Amir menegaskan akan tetap berkomitmen menjaga situasi Surabaya dan Jawa Timur tetap kondusif. 

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal mengapresiasi komitmen para sopir online tersebut, dan siap membantu memfasilitasi bertemu dengan Gubernur Jatim, Soekarwo.

"Alhamdulillah ketemuannya gayeng, akrab, saling berempati dan kami menganggap seduluran untuk bersama-sama menjaga keamanan," katanya.

Oleh karena itu, Iqbal juga berjanji akan membantu untuk kepentingan yang lebih besar, dan menunda aksi turun jalan para sopir daring.

"Yang jelas masyarakat Surabaya tidak usah resah. Gubernur juga sudah menyiapkan ruang dan waktu untuk bertemu di Grahadi. Untuk masyarakat semuanya jalan seperti biasa," katanya.

Iqbal mengatakan, juga telah menyiapkan petugas di seluruh jajaran Polsek untuk menjaga simpul-simpul yang rawan gesekan antarsopir.

Sebelumnya, para sopir daring yang berjumlah 5.000 orang dan tergabung dalam Asosiasi DPD Sopir Online Jawa Timur berencana melakukan aksi damai turun ke jalan menolak draft Pergub Jatim pada Kamis (6/4) besok.

Rute dalam aksi itu adalah berkeliling di Surabaya timur, barat, utara, selatan, serta beberapa wilayah seperti Kabupaten Sidoarjo, Gresik dan Malang, dengan pusat aksi adalah depan Kantor Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017