Lamongan (Antara Jatim) - Bupati Lamongan Fadeli menyebutkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK hari pertama di wilayah setempat berjalan lancar, sesuai laporan terakhir yang diterimanya.

"Semua berjalan lancar, dan panitia sebelumnya juga sudah menyiapkan dengan sangat baik untuk UNBK tingkat SMK, termasuk menyediakan genset sebagai cadangan," kata Fadeli di Lamongan, Jawa Timur, Senin.

Ia mengaku, sebelumnya telah melakukan peninjauan kesiapan pelaksanaan UNBK di berbagai sekolah, meski pengelolaan lembaga pendidikan tingkat menengah itu menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

Menurutnya, secara wilayah dirinya masih memiliki kewajiban moral untuk memastikan siswa bisa melaksanakan ujian dengan nyaman.

"Hal itu seperti saat saya berada di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, dan kami memastikan semua perangkat komputer yang digunakan ujian berjalan normal," katanya.

Selain itu, Fadeli juga melakukan cek kesiapan di ruang ujian SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, namun tetap dengan tidak mengganggu konsentrasi siswa.

"Selain di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, kami juga meninjau kesiapan UNBK di SMKN 1 dan 2 Lamongan, serta SMK NU Lamongan," katanya.

Fadeli menargetkan dalam dua tahun ke depan, penyelenggaraan UNBK bisa dilakukan dalam satu gelombang, sebab kini beberapa lembaga pendidikan masih melakukan dalam tiga gelombang karena keterbatasan perangkat.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK di Lamongan dilaksanakan di 66 SMK negeri dan swasta, serta diikuti 5.785 peserta ujian, dengan rincian 60 SMK berstatus lembaga swasta, dan 6 sisanya negeri.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017