Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bergerak cepat menangani ruas jalan raya di Ngemplak, Kecamatan Sambikerep yang amblas sejak akhir pekan lalu. 
     
 "Jalan ini amblas karena tanahnya tergerus air. Arus sungainya deras dan tidak ada penahannya sehingga dampaknya tanahnya sliding," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau lokasi jalan raya Ngemplak.
     
 Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (PU BMP) Kota Surabaya, sudah menambal titik jalan yang ambles tersebut. Tidak hanya itu, personel Dinas PU BMP juga menguatkan dan meninggikan median jalan di sekitar lokasi yang amblas.
      
Risma mengatakan dirinya sangat paham situasi di lokasi tersebut. Menurutnya, dulu, lokasi jembatan dan jalan di kawasan tersebut malah rentan terkena dampaknya derasnya arus sungai, utamanya ketika musim hujan. 
     
Sebab, lanjut dia, dulu posisi jalannya rendah dan berjarak dekat dengan sungai. Pemkot Surabaya lalu meninggikan jalan dan jembatan tersebut seperti sekarang ini, termasuk memperbaiki penerangannya. 
     
"Saya pernah malam-malam di sini. Dulu jembatannya ini kecil dan rendah. Jalannya lalu kami tinggikan dan dilebarkan. Penerangannya sekarang juga lebih bagus. Kami sebenarnya juga sudah menaruh anggaran untuk penguatan tanggul di jalan ini tetapi sama warga di sini ditolak," kata wali kota. 
     
 Jalan yang amblas tersebut saat ini sudah ditambal untuk kemudian dibangun tanggul penahan (plengsengan). Tanggul penahan tersebut selain menahan arus sungai juga menguatkan jalan agar tidak mudah amblas bila terkena gerusan arus sungai.

Sementara untuk ruas jalan di depan makam, beberapa personel Dinas PUBMP melakukan perbaikan jalan. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017