Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, ditutut memanfaatkan keberadaan peran media sosial (medsos) untuk menyampaikan dan mempromosikan program-programnya agar dapat diketahui dan tersalurkan ke masyarakat demi terwujudnya kepemerintahan yang baik atau "Good Governance" di wilayah setempat.

Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan di era keterbukaan publik, organisasi perangkat daerah (OPD) selaku bagian dari pelaksana pemerintah, harus aktif memberikan informasi tentang program pemerintahan yang akurat, profesional, dan baik. Penyampaian tersebut dapat kepada media massa dan bahkan media sosial yang juga berperan penting dalam penyampaian pesan ke masyarakat dewasa ini.

"Nah, kegiatan dan informasi yang disampaikan OPD haruslah yang akurat. Sehingga tujuan yang baik dari suatu program Pemkot Madiun dapat disalurkan dan diketahui oleh masyarakat sesuai dengan jadwal dan aturan yang telah ditetapkan dalam APBD tahun berjalan," ujar Sugeng Rismiyanto seusai membuka kegiatan Forum Koordinasi Kehumasan dan Jumpa Pers Kota Madiun dengan tema "Pemanfaatan Media Sosial Dalam Mewujudkan Kepemerintahan yang Baik (Good Governance) di Aula Kantor Kecamatan Taman, Senin (27/3).

Ia menilai Pemkot Madiun melalui OPD terkait, yakni Dinas Komunikasi dan Informatika sudah sangat mumpuni untuk memanfaatkan medsos sebagai ajang mempromosikan kegiatan dan program dari pemda setempat. Tidak hanya keberadaan medsos, peran internet secara luas juga dapat dimanfaatkan untuk dapat menyentuh masyarakatnya dalam pelayanan informasi di dunia maya.

Hal itu diwujudkan dengan telah dimilikinya Website Pemerintah Kota Madiun dan juga akun resmi Pemkot Madiun di media sosial dan Youtube. Dimana, website tersebut berisi tentang kegiatan dan program yang dilakukan oleh Pemkot Madiun baik di tingkat kelurahan hingga kota dalam mewujudkan good governance guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Keberadaan Website Pemerintah Kota Madiun tersebut telah didukung oleh petugas pengelola website yang terlatih, sehingga mampu menyajikan informasi yang akurat dan bermartabat untuk umum.

Sekretaris Daerah Kota Madiun Maidi dalam kegiatan yang sama menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkot Madiun agar masyarakat dapat mengakses layanan, kebijakan, dan program pemerintah melalui media sosial dan website resmi di manapun berada.

"Di antaranya dengan memperbanyak koneksi interet gratis di sejumlah lokasi yang ada di Kota Madiun," kata Maidi.

Sesuai data, dari sebelumnya hanya tiga lokasi akses koneksi internet gratis pada tahun 2016, saat ini menjadi 13 lokasi dan akan berkembang menjadi 24 lokasi pada akhir tahun 2017.

Selain itu, upaya pemberdayaan masyarakat dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan bekerja sama dengan relawan TIK juga terus ditingkatkan. Sisi lain, peningkatan kualitas akses internet juga dilakukan. Yakni, dari sebelumnya hanya 30 Mbps koneksi global naik menjadi 150 Mbps koneksi global.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Gembong Kusdwiarto mengatakan, kegiatan Forum Koordinasi Kehumasan bertujuan mensinergikan pemerintah daerah dengan insan pers guna mewujudkan good governane di Kota Madiun.

Acara tersebut diikuti oleh para kepala OPD Kota Madiun, camat, lurah, dan sejumlah insan pers yang bertugas meliput di Kota Madiun dengan menghdirkan narasumber Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto dan Sekretaris Daerah Kota Madiun Maidi. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017