Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyambut positif akan dibukanya kantor konsulat jenderal (konjen) baru Australia di Surabaya untuk meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara.

"Ini sebuah langkah bagus dan hubungan Indonesia dan Australia akan semakin bagus juga," ujarnya ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Selasa.

Jawa Timur, kata dia, sangat fokus terhadap perdagangan, baik dalam maupun luar negeri sehingga dengan dibukanya kantor Konjen Australia akan semakin membantu menumbuhkan perekonomian.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengaku semua persiapan termasuk lokasi sudah siap di Surabaya dan dalam waktu dekat segera dibuka secara resmi.

"Ini merupakan langkah hebat dan Jatim adalah pintu masuk Indonesia Timur sehingga memang sudah sangat tepat ada konjen di sini, apalagi banyak konjen negara lain sudah dibuka," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Dibukanya kantor Konjen Australia disepakati saat Presiden RI Joko Widodo mengadakan kunjungan ke Australia 25-26 Februari 2017.

Pada kesempatan tersebut, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menyebutkan Surabaya dipilih karena merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Turnbull mengatakan dalam pertemuan dirinya dengan Presiden Jokowi, keduanya menyadari bahwa masih ada potensi kerja sama yang bernilai tinggi namun belum dikembangkan, salah satunya industri pertahanan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017