Magetan (Antara Jatim) - Sebanyak 350 siswa SD Islamiyah Kabupaten Magetan, Jawa Timur melakukan shalat ghaib bagi mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A Hasyim Muzadi yang wafat di Kota Malang pada Kamis pukul 06.15 WIB.
 
Adapun shalat dilakukan di Masjid Kubah Songo di Jalan MT Haryono Magetan yang juga diikuti oleh para guru dan pengurus sekolah setempat.

"Selain karena ada instruksi dari PBNU, shalat ghaib tersebut kami gelar juga sebagai bentuk penghormatan kami kepada Almarhum yang merupakan tokoh bangsa dan ulama besar," ujar Wakil Kepala SD Islamiyah Magetan Triono, kepada wartawan, Kamis.

Sisi lain, shalat ghaib tersebut juga sebagai wujud praktik ilmu agama Islam yang selama ini diperoleh para siswa di sekolahnya.

Triono menjelaskan, sosok KH Hasyim Muzadi tidak asing bagi warga Magetan. Sebab, semasa hidupnya, Beliau beberapa kali berkesempatan melakukan kunjungan dan kegiatan di Kabupaten Magetan.

Selain itu, ajaran-ajaran dan paandangan yang diberikannya tentang agama Islam, juga menjadi panutan warga muslim paa umumnya, termasuk di Magetan.

Usai melakukan shalat ghaib, para siswa dan guru sekolah setempat juga membacakan doa dan tahlil bagi Almarhum KH Hasyim Muzadi.

Seperti diketahui, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang kini menjabat anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH A Hasyim Muzadi wafat di Kota Malang, Jawa Timur pada Kamis pukul 06.15 WIB. 

Saat ini jenazah sudah diberangkatkan ke Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Depok, Jawa Barat dari Malang setelah shalat dzuhur dan telah dikebumikan di makam keluarga di wilayah tersebut. 

Pemakaman jenazah KH Hasyim Muzadi dilakukan secara militer dan dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017