Surabaya (Antara Jatim) - Mantan Kepala Kepolisian Daerah Inspektur Jenderal Polisi Anton Setiadji mendeklarasikan diri sebagai calon ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur periode 2017-2022 di Surabaya, Jumat malam.

"Karena adanya dukungan dari pengurus daerah dan cabang olahraga, saya siap maju sebagai calon ketua KONI Jatim," ujarnya kepada wartawan.

Jenderal bintang dua yang kini tengah memasuki masa pensiun tersebut mengaku optimistis menang 80 persen pada penyelenggaraan Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) yang diselenggarakan 14-15 Maret tersebut.

"Selama tidak ada intimidasi dari pihak manapun, saya yakin menang karena sudah banyak dukungan yang secara lisan menyampaikan langsung," kata pria kelahiran Malang dan besar di Jember tersebut.

Jika terpilih menjadi orang nomor satu di KONI Jatim nantinya, perwira tinggi itu berjanji akan transparan dan terbuka, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan.

Tak itu saja, mantan Kapolda Jatim dan Kapolda Sulselbar tersebut menegaskan bahwa tak sedikit yang menginginkan adanya perubahan di tubuh KONI Jatim.

"Karena itulah, kalau ingin perubahan maka tak ada pilihan lain kecuali memberi kesempatan kepada saya untuk memimpin. Tak banyak yang saya janjikan, namun saya jamin KONI ke depan semakin bermartabat dan atletnya berprestasi," katanya.

Lulusan terbaik Akadami Polisi 1983 itu mengakui tak akan melupakan pengurus daerah di seluruh kabupaten/kota dan cabang olahraga, termasuk melakukan pembinaan karena lebih mengerti serta paham dengan keadaan nyata di lapangan.

"Pengurus yang daerah yang tahu dan mengerti seluk-beluk daerahnya. Makanya sinergi sangat dibutuhkan di sini untuk kerja sama," kata penerima Adhi Makayasa 1983 tersebut.

Sementara itu, sampai saat ini terdapat empat kandidat yang disebut-sebut akan maju sebagai calon ketua KONI Jatim, yaitu calon dari petahana Erlangga Satriagung, mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti,  Ketua Pengprov Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Jatim Marzuki Rofi'i, dan Anton Setiadji sendiri. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017