Surabaya (Antara Jatim) - Mahasiswa Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Mukti Ari Wibowo menciptakan robot pembersih lantai yang diberi nama "Mr Floor Cleanser".

Ditemui di kampus itu di Surabaya, Rabu, Mukti mengatakan alat yang juga disebut Mr FC ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk meringankan perkerjaan rumah tangga, terutama membersihkan lantai rumah, seperti menyapu, mengepel sekaligus mengeringkan dalam waktu yang bersamaan.

“Bagi para ibu rumah tangga yang kesulitan mencari tenaga pembantu rumah tangga yang terampil dan dapat dipercaya maka alat ini bisa jadi alternatif solusi untuk menjaga rumah agar tetap bersih,” ujarnya.

Dia menambahkan robot ini bertenaga baterai 12 Volt dengan mikrokontroler Arduino Mega dan sensor ultrasonik yang dirancang untuk dapat bergerak dengan sistem otomatis dengan dua mode pilihan yaitu zig-zag dan acak.

"Alat ini dirancang untuk dapat berjalan menyusuri lantai, bahkan di kolong-kolong meja dan kursi yang sukar dijangkau oleh tangan. Selain itu Mr FC memiliki mode pilihan lama waktu yang diinginkan, sehingga mudah untuk dapat dikendalikan dan penggunaanya," kata dia.

Lebih lanjut dia menyebutkan bahwa cara pengoperasian alat ini sangat mudah. Pertama, atur lama waktu operasional dengan menekan tombol plus minus, setelah itu tekan tombol enter, pilih mode pergerakan dengan menekan tombol zig-zag atau acak, kemudian tekan tombol enter.

“Terakhir pilih piranti optional jika ingin melakukan pembersihan sekaligus pengepelan, tekan tombol Pel. Jika hanya ingin melakukan pembersihan dengan vaccum cleaner saja tinggal tekan tombol enter dan robot akan bergerak sesuai dengan settingan,” kata dia.

Mukti menjelaskan, dirinya menghabiskan Rp3 juta untuk menyelasaikan alat ini. Sementara untuk kesulitan, dia tak mengalami kesulitan yang berarti, terutama saat mencari alat dalam komponen karena sebagian besar alat yang digunakan dari alat bekas yang dimodifikasi.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017