Sumenep (Antara Jatim) - Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora di Sumenep, Rabu membagikan selebaran guna mengingatkan para pengguna jalan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas di wilayah itu.

"Hati-hati di jalan. Taati dan patuhi aturan lalu lintas supaya terwujud kamseltibcar lalu lintas sekaligus menghindari hal-hal tak diinginkan selama perjalanan," katanya sambil memberikan selebaran kepada pengendara motor di Jalan Urip Sumoharjo Sumenep, Jawa Timur.

Selama 21 hari pada 1-21 Maret 2017, jajaran Polda Jawa Timur menggelar Operasi Simpatik Semeru 2017 yang tujuannya memunculkan dan meningkatkan simpati warga kepada polisi lalu lintas.

Pada hari pertama pelaksanaan operasi tersebut, Pinora bersama jajarannya melakukan sosialisasi, salah satunya dengan membagikan selebaran kepada pengguna jalan, setelah menggelar apel gelar pasukan di halaman Mapolres Sumenep.

Operasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan warga (pengguna jalan) terhadap UU Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan tercapainya kamseltibcar lalu lintas guna mencegah dan menekan terjadinya pelanggaran, kecelakaan, dan kemacetan lalu lintas.

Kegiatan prioritas Operasi Simpatik Semeru 2017 adalah mencegah pelanggaran lalu lintas yang berpotensi terjadinya kecelakaan, yakni melawan arus lalu lintas, tidak mematuhi rambu lalu lintas, dan batas kecepatan.

"Kamseltibcar lalu lintas itu sebenarnya harapan dan keinginan setiap warga. Tidak seorang pun yang menginginkan terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan risiko sekecil apa pun," kata Pinora.

Pada pagi harinya, pimpinan Polres Sumenep menggelar apel gelar pasukan Operasi Simpatik Semeru 2017 yang melibatkan personel instansi samping di halaman mapolres setempat. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017