Surabaya (Antara Jatim) - Duta Besar Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan mengakui pengusaha asal AS tertarik menanamkan investasinya di Jawa Timur.

"Jatim memiliki banyak peluang dan sangat potensial, termasuk infrastrukturnya yang berkembang sangat baik," ujarnya kepada wartawan usai bertemu Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu.

Pada 2016, kata dia, sejumlah rombongan pengusaha AS berkunjung ke Jatim dan menyatakan ketertarikannya berinvestasi, bahkan pada April mendatang akan kembali hadir pengusaha AS, termasuk menggelelar "Franchaise Fair"  atau Pameran Waralaba dari AS.

Menurut dia, Jatim memiliki peran penting dalam bidang ekonomi di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Selama tiga tahun terakhir, lanjut dia, banyak perusahaan AS yang berinvestasi di Jatim dengan total investasi sebesar 900 miliar dolar AS.

"Saya yakin Jatim punya masa depan yang sangat baik. Apalagi AS merupakan negara tujuan ekspor nomor satu dari Indonesia, serta merupakan pasar terbesar bagi Indonesia," tutur Donovan.

Donovan baru pertama kali berkunjung ke Jatim usai dilantik belum lama ini menggantikan duta besar sebelumnya, Robert O. Blake yang memasuki masa pensiun pada 18 Juli 2016.

Sebelum bertugas di Indonesia, ia pernah menjadi Wakil Dubes AS di Jepang pada 2005-2008 dan menjadi Konjen di Hong Kong pada 2008-2009.

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo berharap kerja sama antara AS dan Indonesia, khususnya Jatim sehingga mampu mengurangi disparitas antara Pulau Jawa dan Luar Jawa.

"Apalagi ongkos distribusi barang selama ini sangat tinggi karena logistik konektivitas yang kurang bagus. Jadi investasi ke Jatim sangat tepat karena merupakan pintu masuk dan jalur penghubung di Indonesia Timur," ujarnya. (*)
Video oleh: Fiqih A

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017