Sidoarjo (Antara Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membuka kegiatan pameran lukisan yang dibuat oleh anak berkebutuhan khusus dan anak jalanan di anjungan Terminal 1 Bandara Internasional Juanda Surabaya mulai 24 Februari sampai 5 Maret 2017.

"Mereka ini sungguh luar biasa, memiliki kemampuan yang berbeda dengan orang-orang pada umumnya, salah satunya ya seperti melukis ini," katanya saat pembukaan pameran lukisan bertajuk 'Aku Bisa' di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jumat.

Ia mengatakan, secara kecerdasan anak-anak jalanan dan berkebutuhan khusus ini memang di bawah rata-rata, tetapi mereka memiliki kemampuan yang lainnya.

"Oleh karena itu, mereka saya arahkan seperti di kesenian dan juga seperti kegiatan lain yakni olah raga," katanya.

Ia menjelaskan, di Surabaya sendiri terdapat sekitar 1.500 orang gila yang harus dihidupi oleh Pemerintah Kota Surabaya.

"Negara harus hadir dalam setiap kesempatan, termasuk juga 16 ribu lanjut usia miskin, 6 ribu anak yatim serta 4 ribu orang cacat di rumah yang harus diberikan bantuan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Jumlah ini akan terus bertambah, karena yang mendorong kepada camat dan luar untuk terus mencari di lingkungan masing-masing," katanya.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya Yuwono dalam kesempatan itu mengatakan kalau pihaknya menyambut baik kegiatan pameran lukisan ini.

"Kami menyambut baik kerja sama ini, karena kami membuka lebar-lebar kepada siapa saja untuk menampilkan karya seni di lingkungan bandara ini," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah memberikan surat secara resmi kepada 38 kabupaten kota di Jawa Timur untuk menampilkan budaya, kesenian dan pariwisata dari masing-masing daerah tersebut.

"Tetapi masih sedikit yang merespons, salah satunya yang sudah tampil seperti dari Kabupaten Probolinggo dan juga dari Sumenep," katanya.

Dalam pameran tersebut, ditampilkan sebanyak 40 karya, di antaranya lukisan tentang buah-buahan, bangunan bersejarah serta manusia. Lukisan ini juga dijual kepada peminat dan hasilnya akan diberikan kepada anak berkebutuhan khusus serta anak jalanan.(*)
Video oleh: Indra S

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017