Probolinggo (Antarajatim) - Sebanyak 13.000 warga di Kota Probolinggo, Jawa Timur menerima bantuan pangan nontunai yang dapat diakses di elektronik warung gotong royong dan rumah pangan kita yang merupakan program dari Kementerian Sosial.

"Kalau tahun lalu bantuan diberikan dalam bentuk barang, kini bantuannya diberikan dalam bentuk kupon elektronik (e-voucher) yang harus ditukarkan melalui kartu gesek di tempat-tempat yang telah ditentukan," kata Wali Kota Probolinggo Rukmini di Probolinggo, Jumat.

Menurutnya program bantuan pangan nontunai tersebut memang menjadi cita-cita Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

"Setiap penerima manfaat menerima bantuan melalui kupon elektronik (e-voucher) dan mereka dapat menukarkan e-voucher itu di beberapa tempat yang telah ditentukan yakni e-warong ataupun di Rumah Pangan Kita (RPK)," tuturnya.

Di Kota Probolinggo tercatat sebanyak dua elektronik warung gotong royong (e-warong) yang tersedia di 68 RPK, termasuk satu RPK di setiap kelurahan dan rukun warga (RW).

"Dalam e-voucher tersebut, para penerima manfaat memiliki saldo sebesar Rp110.000 tiap bulannya dan jumlah tersebut dapat ditukarkan dengan beras dan gula untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ujarnya.

Rukmini berharap masyarakat dapat memanfaatkan e-voucher tersebut dengan sebaik-baiknya dan masyarakat diharapkan dapat menabung dengan menggunakan e-voucher tersebut.

"Tiap bulan saldonya Rp110.000. Kalau ada sisa, saldonya akan diakumulasikan di bulan berikutnya. Jadi saya harap masyarakat juga bisa menabung dengan menggunakan e-voucher itu," katanya menambahkan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo secara simbolis meluncurkan secara serentak bangtuan pangan nontunai di didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, Menteri Negara BUMN Rini Sumarno, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman D Hadad, Kepala Badan Urusan Logistik, Jarot Kusumayakti, serta Direktur Utama Bank HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara) di GOR Popki Cibubur dan peluncuran juga dilakukan secara serentak di 44 kota, Kamis (23/2).(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017