Mojokerto (Antara Jatim) - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur mendirikan dapur umum di Balai Dusun Gebang Malang, Mojoanyar, Mojokerto Jawa Timur guna membantu warga di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Sadar yang daerahnya terendam banjir.

Koordinator Tagana K abupaten Mojokerto, M Saefi mengatakan, saat ini pihaknya membuat dapur umum untuk membantu warga di beberapa desa yang ada di Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto.

"Ada ribuan jiwa yang harus diberikan pertolongan terkait dengan musibah banjir ini, dam kami harus siap untuk membantu mereka dengan membuat dapur umum ini," katanya.

Ia mengemukakan, untuk pagi tadi kami membuat sekitar 1.500 bungkus nasi yang dibagikan kepada warga karena mereka tidak bisa memasak.

"Rata-rata warga tidak bisa memasak karena rumah yang digunakan sudah terendam banjir dengan ketinggian sekitar 50 centimeter sampai dengan 70 centimeter," katanya.

Ia mengatakan, dapur umum ini masih tetap dioperasikan sembari menyusul kondisi air banjir yang menggenangi rumah warga surut.

"Kami akan tetap berjaga, sampai dengan air yang menggenangi rumah warga ini benar-benar surut dan aktivitas warga bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Ia menambahkan, dari catatan yang ada sebanyak lima desa di Kecamatan Mojanyar ini terendam banjir menyusul meluapnya Sungai Sadar.

"Lima desa itu masing-masing di Desa Gebang Malang, Desa Sumber Jati, Desa Kepuhanyar, Desa Kweden Kembar dan Desa Sadar. Tetapi yang terparah saat ini adalah Desa Kweden Kembar," katanya.(*)
Video oleh : Indra S

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017